Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Para Selebritas Hollywood ini Rupanya Penggemar Diet Mediterania

Pola makan ini mengacu pada menu makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat sekitar Laut Mediterania.

Misalnya saja menu masakan dari negara seperti Yunani, Italia dan Spanyol.

Tidak ada aturan ketat tentang apa, kapan, dan berapa banyak yang harus dimakan, alih-alih, ini berfokus pada makanan umum.

Namun diet Mediterania mewajibkan makanan yang tinggi asupan nabati, protein tanpa lemak, minim alkohol dan rendah lemak maupun karbohidrat serta gula olahan.

Selebritas Hollywood penyuka diet Mediterania

Penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania dikaitkan dengan hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Pada Januari 2023, pola makan ini menduduki peringkat diet terbaik untuk tahun keenam berturut-turut oleh panel ahli untuk US News & World Report.

Penelitian menunjukkan makan makanan dalam diet Mediterania dapat bermanfaat bagi jantung dan otak menurunkan risiko diabetes serta tentunya membantu penurunan berat badan maupun menjaga bentuk tubuh.

Tak heran beberapa selebritas Hollywood dikenal sebagai penggemar diet Mediterania dan rutin menerapkannya dalam keseharian.

Siapa saja mereka?

John Goodman

Aktor yang terkenal karena perannya sebagai tokoh kartun Flinstones ini sukses menurunkan berat badannya hingga 90 kilogram karena menjalankan diet Mediterania.

Sejak tahun 2015, ia rutin mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, sayuran, dan buah sesuai arahan ahli nutrisinya.

Selain ampuh menurunkan berat badannya, cara ini juga efektif mempertahankan bentuk tubuh dan pola makan sehatnya.

"Kali ini, saya ingin melakukannya perlahan. Bergerak, berolahraga. Saya mencapai usia di mana saya tidak mampu lagi duduk diam."

Ia juga berhenti minum alkohol dan mencoba jalan kaki sebanyak 10.000-12.000 langkah sehari.

Selena Gomez

Pelantun "Wolves" ini menjalani diet Mediterania khususnya ketika menjalani tur musik yang panjang.

Pada tahun 2021, pelatih fisiknya, Amy Rosoff Davis, berbagi menu makanan kliennya selama agenda padat tersebut.

"Tahun lalu di tur 'Revival' Selena, saya memastikan ruang ganti selalu memiliki sayuran dan protein dan beras merah atau biji-bijian," kata Davis.

Davis juga menyediakan salad ayam sehat dengan anggur dan seledri, untuk menghilangkan dahaganya dan memenuhi kebutuha proteinnya.

Pada tahun 2010, Selana Gomez mengaku minum minyak zaitun, yang dikenal sebagai unsur utama dalam diet Mediterania, untuk melapisi tenggorokannya sebelum tampil.

Penélope Cruz

Bintang latin ini sukses menjaga tubuh indahnya berkat diet Mediterania yang dinilainya enak dan tidak menyiksa.

Selain itu, aktris Vanilla Sky ini juga menyukai menu diet tersebut karena mirip dengan masakan kampung halamannya, Spanyol.

"Diet saya adalah diet Mediterania, yang merupakan makanan enak. Saya makan dengan baik tetapi saya berusaha makan dengan sehat," katanya saat wawancara pada 2011.

"Saya makan banyak buah, sayuran, dan protein berkualitas dari hewan ternak. Saya juga minum galon air sekarang, sesuatu yang tidak saya lakukan," tambahnya.

Perempuan berusia 48 tahun ini juga tidak minum alkohol, dan saya berhenti merokok bertahun-tahun yang lalu agar hidup lebih sehat.

"Apa yang kita makan memengaruhi berapa lama kita hidup dan bagaimana perasaan kita setiap hari saat kita hidup," ujar bintang Charlie Angel's ini.

Ia diketahui menerapkan "protein + karbohidrat + lemak baik + sayuran hijau" sebagai formula makanannya.

Selain itu, digunakan pula menu diet Mediterania yang kaya akan biji-bijian utuh dan alami, lemak baik serta protein sehat dalam makanannya.

Catherine Zeta-Jones

Bintang Wednesday ini dikenal sebagai penyuka diet Mediterania khususnya untuk menu saladnya.

"Saya makan salad setiap kali makan selain sarapan karena saya sangat menyukainya," katanya, pada wawancara 2021 lalu.

Favoritnya terdiri dari campuran bayam, arugula, kacang pinus, tomat, keju biru, cranberry kering, dan saus yang terbuat dari minyak zaitun, cuka balsamic, dan mustard.

Berpatokan dalam menu sehat ini, ia juga kerap menambahkan protein ringan seperti ayam atau pilihan lain yang tidak membebani tubuhnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/23/161155020/para-selebritas-hollywood-ini-rupanya-penggemar-diet-mediterania

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke