Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengatasi Jerawat di Usia Dewasa yang Disarankan Ahli

Faktanya, jerawat di usia dewasa (adult acne) adalah masalah umum yang dapat dialami oleh orang-orang berusia 30 hingga 50 tahun.

Penyebab jerawat dewasa

Menurut ahli dermatologi dari Schweiger Dermatology Group di Hackensack, New Jersey, Karan Lal, jerawat yang timbul pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

"Termasuk fluktuasi hormon pada wanita, penggunaan masker pada pria dan wanita, mengonsumsi terlalu banyak vitamin B (umum terjadi pada B12), suplementasi hormon, dan peningkatan pertumbuhan ragi pada kulit (lebih sering terjadi pada mereka yang sering berkeringat atau berolahraga)," jelasnya.

Sementara itu, ahli dermatologi, Lilliana Ramirez Garcia, MD, menambahkan bahwa hormon memainkan peran besar dalam jerawat pada orang dewasa.

Sebagai contoh, androgen (hormon pria yang juga terdapat pada wanita) dapat menyebabkan tubuh memproduksi sebum dalam jumlah yang berlebihan.

"Hal ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat," katanya.

"Selain itu, bahan kimia dalam produk rambut, skincare, make up, dan bahkan pasta gigi juga dapat menyebabkan jerawat pada orang dewasa," sambung dia.

Bicara soal siapa yang paling berisiko terkena adult acne, Lal pun mengungkapkan bahwa sebagian besar masalah ini dialami oleh para wanita.

"Namun, pasien dengan kulit berminyak atau lebih banyak sebasea lebih cenderung berjerawat sepanjang hidup mereka," terangnya.

"Pasien yang sedang menjalani transisi untuk menegaskan jenis kelamin juga berisiko mengalami jerawat selama masa transisi karena perubahan hormon," ujar dia.

Cara mengatasi jerawat dewasa

Kabar baiknya, meskipun jerawat bisa muncul di usia dewasa, namun tetap ada kemungkinan kita meminimalisir atau menghilangkannya dengan berbagai cara sebagai berikut.

1. Mengubah pola makan

Menurut Garcia, dengan mengikuti pola makan rendah glikemik (mengurangi lonjakan gula darah) dapat memberikan dampak positif pada kulit yang rentan berjerawat.

"Ketika gula darah melonjak, hal itu bisa menyebabkan peradangan di seluruh tubuh," ungkapnya.

"Ini juga dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak sebum, atau minyak," lanjut dia.

Baik peradangan dan sebum dapat menyebabkan jerawat.

Untuk itu, hindari makanan olahan seperti roti putih, sereal kemasan, dan makanan olahan lainnya.

Sebagai gantinya, pilihlah buah-buahan dan sayuran segar, serta biji-bijian yang tidak meningkatkan gula darah kita.

2. Tretinoin

"Pertimbangkan formula resep yang mengandung tretinoin," kata Garcia.

Tretinoin adalah bahan skincare yang berasal dari vitamin A.

Bahan ini diketahui bekerja dengan mempercepat pergantian sel yang sehat, yaitu proses penggantian sel kulit mati (yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat) dengan sel yang segar dan hidup.

Di samping itu, tretinoin juga mampu membantu mencegah kelenjar sebaceous mengeluarkan sebum dalam jumlah yang berlebihan.

Bersama-sama, fungsi-fungsi ini membuat tretinoin efektif dalam mencegah dan mengobati jerawat.

"Penting juga untuk disebutkan bahwa tretinoin dapat merangsang produksi protein struktural, yakni kolagen, pada kulit kita," ungkapnya.

"Hal ini sekaligus dapat membantu mengurangi jaringan parut jerawat," jelas dia.

3. Menggunakan obat tertentu

Lal menuturkan bahwa obat yang dapat menyembuhkan semua jerawat orang dewasa adalah Isotretinoin, atau yang juga dikenal sebagai Accutane.

Obat ini dapat mengecilkan kelenjar minyak pada wajah sehingga tidak ramah bagi bakteri dan ragi untuk mengembangkan jerawat.

"Apabila kita berusia di atas 18 tahun dan menggunakan Accutane, ada 80 persen kemungkinan kita tidak akan berjerawat di masa depan," kata Lal.

"Tetapi, obat ini mengharuskan kita untuk mengunjungi dokter kulit setiap bulan."

"Selain itu, pasien yang berpotensi melahirkan anak juga harus berpantang atau menggunakan dua bentuk kontrasepsi selama menjalani pengobatan karena risiko cacat lahir," saran dia.

4. Perawatan dengan laser

"Ada beberapa perangkat baru yang sangat baik dalam mengobati jerawat," terang Lal.

"Salah satunya adalah laser Neo elite dari Aerolase yang merupakan laser tanpa rasa sakit," ujar dia.

Perangkat ini memanaskan jerawat dan mengurangi peradangan. Aman untuk semua jenis kulit dan juga dapat mengobati jaringan parut jerawat.

"Perawatan harus dilakukan dalam satu rangkaian dan tidak ditanggung oleh asuransi. Ini adalah alternatif yang bagus untuk pasien yang ingin menghindari pil," tambah Lal.

5. Perawatan topikal

Lal mengatakan bahwa perawatan yang paling umum untuk jerawat secara keseluruhan adalah dengan produk topikal.

Obat-obatan seperti tretinoin, benzoil peroksida, minocycline atau klindamisin, ketika digunakan dalam kombinasi sering kali menghasilkan hingga 30-40 persen perbaikan pada jerawat.

Namun, kemanjurannya tergantung pada konsistensi pasien dan tingkat keparahan jerawat.

"Ada obat topikal baru yang disebut Winlevi yang membantu mengatasi komponen hormonal jerawat pada pria dan wanita, yang tidak menyebabkan iritasi seperti obat topikal lainnya," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/26/075325220/5-cara-mengatasi-jerawat-di-usia-dewasa-yang-disarankan-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke