Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Step Korean Skincare, Rahasia Kulit Glowing ala Negeri Ginseng

Sesuai namanya, metode perawatan kulit ala Korea ini terdiri dari 10 tahap.

Seluruhnya berfokus pada pemakaian produk-produk yang melembapkan kulit, membuatnya bebas dari kering dan membantu melindungi skin barrier kulit.

Metode ini juga diklaim dapat membantu mencegah kerutan dan gejala penuaan kulit lainnya.

10 step Korean skincare

Tak ada salahnya mencoba metode perawatan kulit ala Korea ini jika kita ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat.

Berikut penjelasan terkait 10 step Korean skincare tersebut, seperti dilansir dari Lifestyle Asia.

Oil-based cleansing

Tahap pertama dalam rutinitas skincare ala Korea adalah membersihkan lapisan pertama debu dan makeup dari kulit yang berguna untuk membuat kulit tetap sehat dan berkilau.

Untuk melakukan ini, dibutuhkan pembersih berbasis minyak yang lembut dan dapat menghapus SPF, makeup dan sebum berlebih, serta melindungi bakteri baik di lapisan lipid kulit.

Pembersih jenis ini harus diaplikasikan pada kulit kering dengan caea dipijat lembut dengan gerakan memutar untuk melancarkan aliran darah.

Bilas dengan air hangat setelahnya.

Pembersih berbasis air atau double cleansing

Setelah membersihkan wajah dengan pembersih berbasis minyak, lakukan double cleansing dengan pembersih berbasis air untuk menjaga agar kulit tetap lembut dan bersih sempurna.

Pembersih berbasis air ini akan membersihkan kotoran dan keringat yang tidak bisa diangkat oleh pembersih berbasis minyak.

Biasanya, pembersih jenis ini mengandung ekstrak teh hijau, beras, atau mutiara yang dapat membantu menghapus ketidaksempurnaan di wajah.

Exfoliant biasanya hadir dalam bentuk pad, peels, dan scrub yang menadung bahan gula hitam, asam laktat dan asam salisilat.

Menggunakannya pun mudah, kita hanya perlu mengeluarkan sedikit produk ke telapak tangan lalu memijatnya lembut dengan gerakan melingkar di wajah.

Setelah beberapa menit, bersihkan, dan lakukan dua hingga tiga kali seminggu.

Toning

Toner akan menghilangkan residu dari pembersih dan membangun kembali skin barrier.

Dengan ini, produk yang diaplikasikan selanjutnya seperti pelembap dapat lebih mudah menyerap.

Produk yang bersifat lebih lembut dari produk skincare lainnya ini berperan sebagai lapisan dasar dalam rutinitas perawatan kulit, dan biasanya dibuat dari akar manis, asam sitrat, dan lidah buaya.

Kita dapat mengaplikasikannya dengan meneteskannya ke kapas lau mengusapkan atau menekankannya ke wajah.

Mengaplikasikan esens

Esens adalah cairan yang dapat membantu menghidrasi dan menunda penuaan kulit.

Rona warna kulit pun dapat ditingkatkan dengan cairan yang dapat menyerap dengan mudah ini.

Esens juga dapat membantu melembabkan kulit dan memaksimalkan kemampuannya untuk menyerap produk yang tersisa, sehingga perlu digunakan sebelum menggunakan produk lainnya.

Mengaplikasikan serum dan ampul

Setelah kulit bersih dan dapat menyerap produk lain dengan mudah, waktunya kita mengaplikasikan serum wajah, cairan serupa esens yang lebih kuat.

Biasanya, serum dibuat dengan mengandung bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti kerutan, perubahan warna, jerawat, dan bintik hitam.

Kita juga bisa menggunakan ampul, serum dengan tekstur lebih pekat.

Cara yang tepat untuk menggunakan produk ini adalah dengan menepuk-nepukkannya ke kulit, terutama di area yang bermasalah.

Sheet mask juga tidak perlu digunakan setiap hari, cukup memakainya selama dua hingga tiga kali per minggu selama 15 hingga 20 menit.

Mengaplikasikan eye cream

Biasanya, kulit di sekitar mata akan mengalami gejala penuaan paling cepat.

Untungnya, eye cream dapat membantu mengatasi gejala penuaan di area mata dan mencegahnya dari kerutan, lingkaran hitam, dan crow’s feet.

Bahkan, produk yang direkomendasikan untuk diaplikasikan dengan jari manis ini dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit.

Pelembap

Langkah berikutnya adalah mengaplikasikan pelembap, yang berfungsi seperti occlusive barrier guna menyegel produk lain yang digunakan sebelumnya.

Pelembap akan melapisi permukaan kulit dengan semacam lapisan berminyak untuk menghasilkan segel hidrofobik yang menghentikan air menguap.

Sunscreen

Langkah terakhir dan terpenting dari rutinitas perawatan kulit yang adalah mengoleskan sunscreen untuk melindungi kulit dari radiasi UV yang merusak.

Ada baiknya, gunakan sunscreen dengan broad-spectrum (spektrum luas) dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/29/200000620/10-step-korean-skincare-rahasia-kulit-glowing-ala-negeri-ginseng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke