Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Pikun di Usia Tua, Ini Olahraga yang Bisa Tingkatkan Daya Ingat

KOMPAS.com - Rutin olahraga tak cuma bermanfaat menjaga kesehatan fisik, tapi juga kinerja otak.

Salah satu manfaatnya adalah bisa meningkatkan daya ingat. 

Kabar baiknya, ada beberapa latihan atau olahraga yang bisa membantu mempertajam daya ingat kita.

Sehingga ketika rutin dilakukan, manfaat positifnya bisa meningkatkan fungsi dan kesehatan otak.

Masalah daya ingat seperti sering lupa atau "skip" tampaknya bisa diatasi dengan rutin melakukan olahraga berikut ini.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sempat menguji efektivitas rutin berolahraga yang bermanfaat bagi kesehatan otak.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Preventive Medicine pada tahun 2020, para ilmuwan menguji manfaat aktivitas fisik terhadap kinerja dan fungsi otak terhadap 128.925 orang.

Studi tersebut menemukan fakta bahwa risiko penurunan daya ingat dan fungsi kognitif otak dua kali lipat dialami orang yang tidak aktif secara fisik, daripada mereka yang rutin berolahraga.

Hubungan antara olahraga dan kesehatan otak ini pun dikaitkan dengan efeknya yang bisa memperlancar aliran darah menuju otak.

Dengan kata lain, olahraga dapat merangsang aliran darah ke otak dan meningkatkan kemampuan untuk berpikir dengan baik.

"Ini bisa berhubungan dengan berbagai faktor yang berkaitan antara pertumbuhan otak dan otot rangka,"

Demikian kata Steven K. Malin, Ph.D, seorang profesor di Departemen Kinesiologi dan Kesehatan dari Rutgers Robert Wood Johnson Medical School, seperti dilansir Prevention.

Di samping itu, olahraga juga berkaitan dengan aktifnya otot rangka yang terhubung ke tulang dan bisa membantu melepaskan hormon untuk berkomunikasi dengan otak dan memengaruhi fungsi neuron, sel yang bertindak sebagai pembawa pesan atau informasi.

Pada gilirannya, hal tersebut dapat mendorong pertumbuhan dan regenerasi sel otak, meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif.

Sampai saat ini, CDC pun merekomendasikan bagi orang dewasa untuk berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu dengan intensitas sedang.

CDC juga mencatat sejumlah olahraga yang bagus untuk meningkatkan daya ingat.

Jenis olahraganya meliputi aktivitas fisik dengan intensitas sedang yang bisa memacu detak jantung dan melancarkan aliran darah, seperti;

  • Latihan HIIT
  • Berlari
  • Jogging
  • Berenang
  • Bersepeda di tanjakan
  • Menari

Jika memang belum terbiasa olahraga dengan intensitas sedang ini, kita dapat memulainya dengan berbagai agenda yang memaksa tubuh tetap aktif.

Misalnya saja jalan kaki, berlari ringan keliling komplek, jalan-jalan sore dengan hewan peliharaan, melakukan skuat hingga rutin menaiki tangga daripada lift.

"Daripada duduk sepanjang hari sambil makan camilan, lebih baik luangkan waktu dua menit untuk bergerak aktif sebagai gantinya," pungkas Malin.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/31/060000520/cegah-pikun-di-usia-tua-ini-olahraga-yang-bisa-tingkatkan-daya-ingat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke