Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beda dengan Selfish, Self Love Bisa Meningkatkan Produktivitas Seseorang

KOMPAS.com - Produktivitas ternyata dipengaruhi pula oleh kemampuan seseorang untuk menyayangi dan mengenali diri sendiri dengan baik. 

Faktanya, menyayangi diri sendiri atau familier disebut self love dapat membantu seseorang menentukan prioritas dan mencapai target dalam hidupnya. Hal ini diutarakan Self Love and Communication Expert Cindy Gozali.

"Saat seseorang punya self love, saya percaya justru prestasinya dapat meningkat untuk mencapai goal atau tujuan hidup dengan seimbang," ujar Cindy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/2/2023).

Cindy menjelaskan, masyarakat perkotaan, khususnya anak muda, kerap terjebak dengan budaya hustle culture atau gila kerja. Budaya ini jamak diketahui mengedepankan nilai yang berorientasi pada target dan hasil, tanpa mempertimbangkan keseimbangan hidup seseorang. Mengedepankan nilai-nilai semacam ini, bagi Cindy, jauh dari kata self love.

Cindy melanjutkan, masih ada beberapa anggapan salah tentang self love itu sendiri. Sebagian orang menganggap hal ini dapat menghambat seseorang untuk meraih prestasi dan mencapai tujuan dalam hidup.

"Tak sedikit orang yang berpikir bahwa self love sama dengan selfish atau lembek. Padahal, sebenarnya tadi ada satu lagi bentuk self love, yakni aktualisasi diri, yakni ketika seseorang dapat taking action untuk selalu tumbuh dan berkembang," terang Cindy.

Cindy juga menjelaskan bahwa penerapan konsep self love yang baik bisa membantu seseorang terhindar dari perasaan bersalah. Terlebih, ketika harus berhadapan dengan permintaan pertolongan dari orang lain.

Dengan memiliki pandangan self love yang tepat, seseorang tak lagi diliputi perasaan bersalah ketika menolak memberi bantuan kepada orang lain.

Dengan mengerti apa yang menjadi prioritas dalam hidup, imbuh dia, seseorang juga tetap bisa meraih prestasi cemerlang tanpa harus berharap pengakuan dan penerimaan orang lain.

"Belajar untuk bisa mengekspresikan apa yang dibutuhkan. Orang lain tentu akan memberikan dukungan yang positif. Kadang keenganan seseorang menolak permintaan orang lain justru hanya akan menyusahkan diri sendiri. (Oleh karena itu), kuncinya terletak pada komunikasi yang baik," jelasnya.

Lebih lanjut Cindy menjelaskan, self love pada prinsipnya adalah cara seseorang mampu untukmenerima dirinya sendiri apa adanya.

Selain itu, mampu menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri, serta tidak menyalahkan atau merendahkan nilai diri sendiri di hadapan orang lain.

"Sabar dengan diri sendiri dengan cara tidak menghakimi dan menyalahkan diri sendiri. (Seseorang perlu) memilki rasa hormat terhadap sendiri. Dengan begitu, (ia) dapat terhindar dari lingkungan yang tidak sehat," tambahnya.

Kemampuan memiliki self love perlu ditumbuhkan. Nah, jika ingin mengetahui apakah setiap individu sudah mengenal dan memiliki self love yang baik, salah satu resort kenamaan di Pulau Dewata, Canna Bali, mengadakan "#SelfLove Celebration Campaign" pada Febuari 2023.

Untuk diketahui, #SelLove Celebration Campaign merupakan salah satu inisiatif Canna Bali merayakan hari kasih sayang Valentine yang diperingati seluruh dunia tiap 14 Februari.

Head of Marketing and Public Relation Canna Bali Pipit Djatma mengatakan, hari kasih sayang tidak harus identik dengan perayaan bersama pasangan.

Lebih dari itu, imbuh Pipit, hal tersebut bisa diwujudkan melalui cara yang lebih universal, terutama dalam hal menyayangi diri sendiri terlebih dahulu.

“Sejak awal Februari, Canna Bali mengadakan serangkaian kegiatan #Sellflove Celebration Campaign yang menarik untuk diikuti. Sebut saja talk show Single Night Out bersama certified matchmaker Zola Yoana. Ada pula kelas yoga bersama Hendri Take dan meditasi dengan Cindy Gozali,” kata Pipit.

Selain itu, Canna Bali juga menghadirkan beragam promo dan kegiatan menarik untuk menyambut Februari.

“Free cocktails untuk couple dinner di Cliff resto, serta giveaway voucher makanan masing-masing senilai Rp 1 juta," tutur Pipit.

Sebagai informasi, Canna Bali adalah beach club anyar yang berlokasi di kawasan Nusa Dua, Bali. Beach club ini kali pertama beroperasi pada Juli 2022.

Desain bangunan beach club tersebut unik lantaran langsung menghadap ke arah pantai dan laut lepas dengan pasir putih yang cantik dan lembut.

Bertandang ke Canna Bali, siapa pun yang berkunjung akan dimanjakan oleh keindahan pantai sekitar dari beach club berkelas tersebut. Secara tidak langsung, momen tersebut dapat dijadikan wujud self love.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/04/112700320/beda-dengan-selfish-self-love-bisa-meningkatkan-produktivitas-seseorang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke