Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Resep Oatmeal yang Lebih Sehat demi Umur Lebih Panjang

Terlebih karena oat kaya akan serat larut yang disebut beta-glukan, lemak tak jenuh dan asam lemak sehat, vitamin E, serta banyak antioksidan yang bermanfaat.

Makanan ini bahkan dapat membantu kita hidup lebih lama, dan lebih sehat.

Ada pun menurut laporan dari Yale University School of Medicine, oat dapat membantu mengurangi empat faktor risiko umum penyakit kardiovaskular.

Risiko umum tersebut adalah diabetes, obesitas, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Kendati demikian, meskipun oat itu sehat, apa yang kita tambahkan ke dalam oatmeal untuk sarapan juga bisa membuat perbedaan besar.

Misalnya, jika kita menggunakan paket oatmeal instan yang mengandung banyak gula tambahan.

Atau, jika kita menambahkan banyak bahan pemanis buatan, itu dapat menggagalkan beberapa manfaat kesehatan yang potensial.

Tetapi, jika kita menambahkan bahan-bahan yang penuh dengan lemak sehat, gula alami, antioksidan, atau lebih banyak serat, maka kita dapat membuat semangkuk oatmeal sebagai menu sarapan yang lebih sehat.

Resep oatmeal terbaik untuk umur panjang

Untuk membantu menikmati manfaat oatmeal, ada beberapa resep oatmeal sehat yang bisa dicoba.

Resep-resep ini mengandung bahan-bahan yang padat nutrisi tanpa menggunakan terlalu banyak gula tambahan atau lemak tidak sehat sehingga kita dapat menikmati manfaat oat sepenuhnya.

Lebih lanjut, simak enam resep oatmeal terbaik yang dapat membuat kita lebih sehat dan berumur panjang, berikut ini.

1. Oatmeal dengan selai kacang dan pisang

Selai kacang adalah topping oatmeal yang populer, tetapi banyak orang tidak menyadari betapa sehatnya topping ini.

Faktanya, lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam selai kacang telah diketahui dapat membantu menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Ini juga membantu meningkatkan kesehatan otak kita secara keseluruhan.

2. Overnight oat dengan kayu manis

Overnight oat adalah trik kesehatan yang hebat karena kita mendapatkan semua manfaat dari makan oatmeal tanpa harus menunggu sampai matang di pagi hari.

Resep khusus ini juga menggunakan kayu manis, yang telah terbukti dapat membantu menurunkan peradangan, meningkatkan kesehatan usus, dan bahkan membantu mengelola kadar gula darah.

3. Oatmeal paleo

Ini adalah resep oatmeal sehat lainnya yang tidak benar-benar menggunakan oat, tapi bahan-bahan alternatifnya terlalu bagus untuk dilewatkan.

Dalam resep ini, kita akan menemukan kacang almond, biji bunga matahari, biji rami, biji chia, kelapa parut, kayu manis, dan buah segar, yang semuanya memberikan nutrisi untuk memulai hari.

4. Overnight oat dengan mangga dan jahe

Kita mungkin tidak berpikir mangga dan jahe sebagai topping oatmeal, tapi kedua bahan ini merupakan kombinasi yang lezat.

Tidak hanya itu, jahe juga memberikan banyak manfaat kesehatan yang berbeda seperti melancarkan pencernaan, mempercepat metabolisme, dan bahkan membantu melawan kanker.

5. Kue oatmeal yang sehat

Jika kita ingin berkreasi, kita bisa mengeluarkan oatmeal dari mangkuk dan membuatnya menjadi kue.

Kue oatmeal ini vegan dan bebas gluten, serta mengandung bahan-bahan kaya nutrisi seperti biji rami, pisang, dan quinoa.

6. Berry almond oatmeal

Resep oatmeal klasik ini dilengkapi dengan buah beri dan almond, dua bahan yang dapat membantu kita hidup lebih lama dan lebih sehat.

Antioksidan dalam blueberry dapat membantu menurunkan kolesterol, gula darah, dan risiko penyakit jantung.

Sedangkan lemak sehat yang terdapat dalam kacang almond dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/08/140000220/6-resep-oatmeal-yang-lebih-sehat-demi-umur-lebih-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke