Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Ungkapkan Love Language kepada Pasangan di Hari Valentine

Namun berdasarkan love language atau bahasa cinta, setiap orang ternyata memaknai hadiah secara berbeda.

Menurut seorang psikolog klinis, Irma Gustiana, SPsi, MPsi, love language sendiri merupakan pemahaman tentang bagaimana kita menerima dan mengekspresikan cinta atau kasih sayang.

Ada pun love language ini terbagi ke dalam lima jenis, yaitu sentuhan fisik (physical touch), kata-kata penegasan atau pujian (word of affirmation), pelayanan (acts of service), waktu yang berkualitas (quality time), dan menerima/memberi hadiah (receiving/giving gifts).

"Jadi, hadiah menurut love language lain tidak selalu berbentuk kado," terangnya dalam acara workshop bersama Tokopedia di Jakarta, Senin (13/2/2023).

"Dan untuk mengetahui love language pasangan, kita perlu mengasah kepekaan dengan mengamati kebiasaan apa yang bisa menimbulkan rasa bahagia," jelas dia.

Misalnya ketika pasangan senang saat diberikan hadiah berupa kado, itu bisa jadi dia memiliki love language receiving/giving gifts.

Tetapi, jika pasangan lebih suka dipuji dengan kata-kata yang manis, kemungkinan besar love language-nya adalah words of affirmation.

Cara mengungkapkan love language kepada pasangan

Lebih lanjut, Irma pun membagikan lima cara mengungkapkan love language kepada pasangan yang bisa dicoba saat merayakan Hari Valentine bersama sebagai berikut.

1. Physical touch

Menurut Irma, orang-orang yang memiliki love language seperti ini mungkin lebih suka dengan sentuhan fisik seperti pelukan dan sebagainya.

"Berpelukan, berpegangan tangan, atau duduk berdekatan dapat memicu hormon bahagia seperti serotonin, oksitosin, dan dopamin yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang," katanya.

"Bahkan memakai skincare pun bisa menjadi contoh praktik love language sentuhan fisik bagi diri sendiri," sambung dia.

2. Word of affirmation

Untuk word of affirmation, Irma menjelaskan bahwa orang-orang yang memiliki love language ini akan lebih senang dengan pujian.

3. Acts of service

Lalu yang terkait dengan acts of service itu biasanya lebih suka dengan pelayanan atau mendapatkan treatment yang baik dari pasangan.

"Rasa kasih sayang untuk pasangan dapat ditunjukkan lewat tindakan atau pelayanan yang sederhana namun bermakna," terang Irma.

"Contohnya, pesanlah makanan dan minuman favorit pasangan atau menyiapkan momen yang tidak terlupakan di Hari Valentine," kata dia.

4. Quality time

Sementara orang yang memiliki love language terkait dengan quality time merasa bahwa menghabiskan waktu bersama pasangan sangat penting untuk menunjukkan kasih sayang.

"Merayakan Hari Valentine bersama pasangan tidak perlu di restoran yang mewah dan mahal," ungkap Irma.

"Cukup menikmati waktu berkualitas dengan nonton film sambil makan es krim atau makanan juga bisa membuat quality time terasa lebih menyenangkan bagi pasangan," jelas dia.

5. Receiving/giving gifts

Terakhir adalah menerima/memberi hadiah berupa kado.

Irma mengatakan bahwa pasangan yang memiliki love language ini akan merasa senang jika kita berikan kado, terutama kado yang benar-benar diinginkan.

Oleh sebab itu, untuk menghindari konflik dengan pasangan, kita benar-benar perlu memahami love language pasangan.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya pun menambahkan, beberapa kategori seperti fesyen, rumah tangga, makanan dan minuman, elektronik, hingga perawatan tubuh bisa menjadi ide terbaik untuk memberikan kado kepada pasangan.

"Kalau dari sisi produk, cokelat dan bunga tetap menjadi produk yang populer. Selain itu, ada juga es krim, parfum, dan parcel yang turut menjadi produk terpopuler.

"Di setiap produk juga konsisten naiknya tiga kali lipat di periode menjelang hari kasih sayang. Dan spesifik kalau soal bunga yang paling banyak diminati itu bucket bunga, bunga tangkai, dan bunga plastik," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/14/072700820/5-cara-ungkapkan-love-language-kepada-pasangan-di-hari-valentine

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke