Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Masalah Kesehatan yang Umum Menyerang Orang di Atas 50 Tahun

Ahli penyakit dalam dan asisten profesor di University of Michigan, Dr Renuka Tipirneni mengatakan, beberapa kondisi kesehatan kronis sering didiagnosis ketika seseorang mulai masuk usia 50 tahun.

"Siapa yang mengembangkan kondisi ini bervariasi, tergantung pada genetika, gaya hidup, etnis dan ras, serta faktor lainnya," ujar dia.

Berdasarkan penelitian  di tahun 2017 yang dimuat di jurnal Frontiers in Public Health, 62 persen orang Amerika Serikat yang berusia di atas 65 tahun memiliki lebih dari satu kondisi kronis.

Mereka juga memiliki prevalensi berbagai kondisi kronis yang meningkat. Semuanya terjadi karena proses penuaan dan meningkatnya tingkat diabetes.

Lebih lanjut, berikut ini adalah daftar masalah kesehatan kronis yang biasanya menyerang orang-orang di atas usia 50 tahun.

1. Tekanan darah tinggi

Menurut Blue Cross Blue Shield, lebih dari 70 juta orang AS memiliki tekanan darah tinggi, atau yang biasa dikenal dengan hipertensi.

Hipertensi adalah penyebab utama stroke, serangan jantung, penyakit ginjal, dan masalah lain yang dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ini menjadi lebih umum terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun karena pembuluh darah yang kian tidak elastis.

"Hipertensi, kontributor utama aterosklerosis, adalah penyakit kronis yang paling umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua," demikian bunyi kesimpulan studi di Frontiers in Public Health.

"Hipertensi sistolik terisolasi sangat umum terjadi pada lansia yang telah dikaitkan dengan kematian," kata dia.

Mayo Clinic pun menyarankan orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas untuk secara rutin memeriksa tekanan darah, setidaknya setiap tahun.

Jika kita menderita hipertensi, dokter mungkin menyarankan pemeriksaan yang lebih sering lagi.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis dan penyumbatan pada pembuluh darah jika tidak ditangani dengan benar.

"Aterosklerosis menyebabkan peradangan dan perubahan pembuluh darah lebih lanjut yang meningkatkan risiko kejadian jantung, kejadian serebrovaskular, penyakit pembuluh darah perifer, gangguan kognitif, dan kerusakan organ lainnya."

Kolesterol tinggi dapat ditangani melalui perubahan gaya hidup dan obat-obatan.

Selain itu, tes darah juga diperlukan untuk mendiagnosis masalah ini karena hanya menunjukkan sedikit gejala.

Penuaan normal termasuk renovasi pembuluh darah dan kekakuan pembuluh darah.

3. Artritis

Osteoartritis adalah kondisi kronis paling umum kedua di antara orang lansia di AS, dan merupakan penyebab umum dari rasa sakit kronis dan kecacatan.

"Sekitar 52 persen orang berusia 85 tahun memiliki penyakit ini, dan penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria," kata studi di Frontiers in Public Health.

"Tipirneni menyebutnya sebagai jenis artritis yang aus."

Kondisi ini bisa sangat mengganggu bahkan bagi mereka yang ada di bawah usia 50 tahun.

"Tetapi terutama di atas usia 50 tahun, kami melihat rasa sakit yang terkait dengan itu semakin banyak," demikian bunyi laporan tersebut.

Obesitas adalah faktor risiko osteoartritis. Tingkat artritis pinggul dan lutut yang parah meningkat seiring bertambahnya usia pasien.

4. Diabetes

Menurut studi di Frontiers in Public Health, tingkat diabetes telah meningkat seiring bertambahnya usia dan kelebihan berat badan.

Diabetes terkait dengan komplikasi yang meliputi penyakit arteri perifer dan neuropati perifer juga biasanya berkontribusi pada ulkus kaki diabetik dan amputasi.

Pada tahap awal, diabetes dapat dikelola dengan perubahan gaya hidup.

"Kadang-kadang kita perlu menambahkan beberapa obat juga untuk membantu mengontrol kadar gula darah," kata profesor emeritus di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, Kate Lorig.

5. Osteoporosis

Penuaan menyebabkan hilangnya kepadatan tulang pada pria dan wanita, meskipun wanita lebih sering mengalaminya setelah usia 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh menopause.

"Ketika kita berhenti memproduksi estrogen, kepadatan tulang biasanya menurun," kata seorang ahli penyakit dalam yang berbasis di Washington, Dr Lucy McBride.

Sementara itu, Mayo Clinic mengungkap, wanita didiagnosis menopause rata-rata pada usia 51 tahun.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 20 persen wanita berusia di atas 50 tahun mengalami osteoporosis.

Osteoporosis juga telah dikaitkan dengan peningkatan angka patah tulang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/15/150653520/5-masalah-kesehatan-yang-umum-menyerang-orang-di-atas-50-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke