Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Resep Baked Oat Lezat, Bantu Turunkan Berat Badan

Itulah sebabnya ketika menurunkan berat badan, kita akan memasukkan makanan yang lebih bernutrisi ke dalam menu makanan sehari-hari.

Melakukan penyesuaian pada gaya hidup yang dapat mendorong penurunan berat badan — terutama yang berkaitan dengan diet dan olahraga — cenderung menjadi hal yang biasa.

Namun, ini bukan berarti kita harus membatasi diri pada semua hal yang hambar dan biasa saja.

Bahkan, kita tidak perlu berhenti mengonsumsi makanan manis sama sekali.

Kuncinya adalah menemukan ide resep sehat yang dapat memenuhi selera kita sekaligus membantu tujuan pembakaran lemak dan pengontrol nafsu makan yang kita cari.

Bagi mereka yang menyukai makanan manis dan mencari alternatif sehat yang tidak akan membuat perut kelaparan, baked oat atau oatmeal panggang bisa menjadi cara yang manis dan lezat untuk menekan keinginan tersebut.

Manfaat baked oat

Ada banyak manfaat dari baked oat. Jadi, tidak mengherankan jika tren resep ini sempat menjadi viral di media sosial beberapa waktu yang lalu.

Baked oat juga dapat menjadi sarana yang bagus untuk menurunkan berat badan karena beberapa alasan.

• Oat adalah makanan berserat tinggi yang meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan

Pertama dan terutama, sebagai biji-bijian utuh, oat mengandung serat yang sangat tinggi.

Ini membantu membuat kita merasa kenyang lebih lama, menurunkan kadar kolesterol LDL (atau kolesterol "jahat"), mengatur gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan menurunkan risiko penyakit jantung.

Faktanya, satu cangkir oat mentah mengandung lebih dari 8 gram serat, yang setara dengan sekitar 30 persen dari keseluruhan nilai harian kita untuk serat makanan dalam satu hari.

• Oat sumber serat prebiotik yang baik untuk kesehatan usus

Selain itu, sebagai makanan yang mengandung serat larut, oat memiliki potensi untuk memengaruhi pencernaan secara positif dan bahkan mendiversifikasi mikrobiota usus.

Menurut penelitian ini juga berpotensi menurunkan berat badan.

• Baked oat mengandung bahan yang bantu turunkan berat badan

Dengan sendirinya oat dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Tetapi, tanpa bahan tambahan dan komponen penyedap, semangkuk oatmeal tawar dapat terasa sedikit hambar.

Namun, pastikan untuk tetap memerhatikan hal-hal seperti tambahan gula dan lemak tidak sehat yang bisa menghambat proses penurunan berat badan.

Dengan menggunakan gandum utuh serbaguna sebagai bahan dasar, baked oat dapat memberikan kanvas kosong untuk rasa.

Sehingga bahan tersebut dapat kita kreasikan sesuai keinginan melalui kombinasi bahan-bahan padat makronutrien lainnya yang dikenal dapat menurunkan berat badan.

Menggunakan kombinasi bahan yang tepat juga mampu meningkatkan metabolisme dan mengatur nafsu makan sehingga kita merasa kenyang, puas, dan berenergi.

Resep-resep baked oat

Nah, dilansir dari laman Eat This Not That, berikut adalah beberapa inspirasi baked oat yang lezat, sehat, dan tentunya dapat membantu kita mencapai berat badan yang ideal.

Serat yang terkandung dalam pisang juga menambah kekuatan mengenyangkan dari resep baked oat ini.

Dikombinasikan dengan kandungan kalium yang tinggi dari buah pisang dan kenikmatan cokelat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung maupun tekanan darah.

Faktanya, penelitian telah menemukan manfaat kombinasi protein dan serat untuk menurunkan berat badan meskipun kita sedang menjalani diet yang tidak ketat.

Resep red velvet oat baked ini mengandung 23 gram protein, yang juga bisa ditambah dengan topping yogurt yang baik untuk penurunan berat badan.

Selain itu, resep ini menggunakan 40 gram tepung gandum yang terbuat dari gandum giling, yang berarti ramekin mungil ini mengandung lebih dari 3 gram serat yang mengenyangkan.

Dan jika kita menggabungkan 1/2 cangkir wortel dengan 40 gram gandum utuh, maka secara keseluruhan akan menambah hampir 8 gram serat.

Itu sekitar delapan kali lebih banyak serat daripada yang kita dapatkan dari makan cupcake wortel atau bahkan muffin wortel.

Kombinasi oatmeal, bubuk protein, krim keju ringan, dan stroberi merupakan makanan penutup baik untuk menurunkan berat badan.

5. Vanilla funfetti

Baked oat dengan campuran bubuk protein vanila ini memberikan celah diet yang nyaman sehingga kita bisa menikmati kudapan manis sambil tetap menjaga berat badan sehat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/16/085216320/5-resep-baked-oat-lezat-bantu-turunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke