Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pakai Minyak Zaitun untuk Rambut Lebih Sehat dan Berkilau

Namun, selain untuk memasak, minyak zaitun juga sebenarnya bagus digunakan untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat, berkilau, dan anti kusut.

"Minyak zaitun adalah salah satu pelembap tertua yang dikenal," kata penata rambut di Fekkai Soho Salon di New York, Dmitry Irshinskiy.

"Minyak ini digunakan sebagai produk perawatan kulit oleh para bangsawan di Yunani dan Romawi kuno."

"Ini masih dianggap sebagai salah satu bahan perawatan kulit yang paling kuat dan efektif," jelas dia.

Ketika berbicara tentang bahan pelembap, Irshinskiy menambahkan, biasanya apa yang baik untuk kulit juga baik untuk rambut, karena pada dasarnya rambut kita adalah perpanjangan dari kulit kita.

Menurut dokter spesialis kulit dan pendiri Dermadoctor Skincare, Audrey Kunin, MD, minyak zaitun kaya akan asam lemak dan antioksidan sehingga dapat menutrisi kulit kepala.

"Rambut itu sendiri terdiri dari keratin mati sehingga minyak zaitun dapat membantu melapisi rambut dan menciptakan kelembutan, serta kilau pada rambut," katanya.

Namun, sebelum mengaplikasikan minyak zaitun berkualitas tinggi atau yang juga dikenal dengan extra virgin olive oil (EVOO) pada rambut, kita perlu memahami beberapa hal.

Mulai dari cara terbaik untuk menggunakannya, apa yang harus diperhatikan saat mengaplikasikannya untuk mendapatkan hasil terbaik, dan produk perawatan rambut seperti apa yang cocok untuk digunakan.

Nah, dilansir dari laman Women's Health, berikut adalah panduan dasar dalam segala hal tentang minyak zaitun untuk membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Jika rambut kita kering atau rapuh, sedikit minyak zaitun bisa sangat membantu.

"Minyak zaitun mengandung asam lemak, antioksidan, dan nutrisi yang dapat mengkondisikan, melembutkan, serta melembapkan rambut."

Demikian kata Jennifer Korab, penata rambut yang berbasis di New Jersey dan pemilik Renaissance Salon & Spa dan Revival Barber Shop.

"Mereka yang memiliki kulit kepala lebih kering mungkin akan merasa minyak zaitun dapat menenangkan, karena dapat membantu meringankan rasa gatal dan kering," sambung dia.

Bagi Irshinskiy, minyak zaitun — atau produk berbasis minyak zaitun — adalah sesuatu yang harus tersedia untuk mengatasi rambut kusut.

"Minyak ini juga merupakan penyelamat dalam hal perlindungan rambut kusut untuk rambut yang kasar dan sulit diatur," terangnya.

Karena itu, hampir semua orang dapat mencoba perawatan minyak zaitun, atau menggunakan produk dengan minyak zaitun sebagai bahan utamanya.

Sebagai bahan pokok dapur yang khas, minyak zaitun juga cukup murah, terutama jika digunakan dengan hemat, yang disarankan oleh para ahli untuk menghindari tampilan berminyak.

Kendati demikian, Kunin memperingatkan untuk kita yang rentan terhadap ketombe atau memiliki kulit kepala berminyak, maka menggunakan minyak zaitun bukanlah pilihan yang ideal.

Orang-orang yang berambut sangat halus mungkin juga perlu melewatkan minyak zaitun.

"Minyaknya cenderung berat dan membebani rambut," kata penata rambut selebritas, Glenn Ellis.

"Perawatan ini baik untuk orang dengan rambut yang lebih tebal, kasar, dan kering," ujar dia.

Risiko menggunakan minyak zaitun untuk rambut

Meskipun Kunin mengatakan bahwa minyak zaitun diketahui tidak memiliki risiko untuk rambut, namun tes tempel selalu disarankan sebelum mencoba produk baru.

Untuk rambut, kita juga sebaiknya menggunakan minyak zaitun secukupnya, kira-kira seminggu sekali atau lebih, dengan frekuensi yang sama dengan yang kita gunakan untuk masker rambut atau kondisioner.

"Terlalu sering menggunakan minyak zaitun dapat menyebabkan penumpukan dan juga tidak membersihkannya secara menyeluruh," ungkap Ellis.

"Jika kita menggunakan terlalu banyak, minyak zaitun bisa meninggalkan slip pada rambut yang membuat rambut terasa berat dan sulit untuk ditata," lanjut dia.

Selain itu, jangan gunakan minyak zaitun untuk menata rambut, terutama untuk perlindungan dari panas.

"Minyak zaitun bukan produk penata rambut," kata Irshinskiy.

"Namun, produk yang mengandung ekstrak minyak zaitun sebagai bahan utamanya, aman untuk digunakan sesuai petunjuk," tambah dia.

Cara terbaik untuk mengaplikasikan minyak zaitun pada rambut

Minyak zaitun dapat menutrisi helai rambut, tetapi cara pengaplikasiannya sangat penting untuk mencapai efek ini.

Jika kita memilih untuk melakukan DIY, carilah jenis minyak zaitun yang diperas dingin dan tidak dimurnikan, yang menurut penelitian dapat mempertahankan lebih banyak nutrisi.

Tuangkan minyak secukupnya ke tangan kita untuk melapisinya dengan lembut, lalu pijatkan ke rambut.

Fokuskan upaya kita pada batang dan ujung rambut dibandingkan kulit kepala, yang dapat membuat asam lemak minyak zaitun membanjiri rambut, terutama jika kita memiliki kulit kepala yang lebih berminyak.

Irshinskiy mengatakan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika kita ingin mencoba EVOO sebagai penyejuk kulit kepala, karena dapat memicu ketombe atau penyumbatan folikel.

"Kita hanya perlu mengoleskan sedikit saja pada bagian tengah dan ujung rambut," ungkap Ellis.

"Selain itu, seperti halnya banyak produk rambut, sedikit saja sudah cukup, jadi kita hanya membutuhkan sekitar satu hingga dua sendok makan minyak zaitun," jelas dia.

Sementara untuk perawatan deep conditioning, Ellis menyarankan untuk membiarkan minyak tersebut selama sekitar 20 menit.

"Saya sarankan untuk mencampurkannya dengan sedikit kondisioner dan kemudian mengoleskannya, sekali lagi hindari kulit kepala," katanya.

"Ini akan membantu kita membilasnya dengan lebih mudah sampai terbiasa dengan jumlah minyak yang ingin kita gunakan dengan sendirinya," ujar dia.

Kita juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan semalam, selama dikeramas sampai bersih keesokan paginya.

Menurut Irshinskiy, minyak zaitun juga tidak jarang ditemukan dalam produk perawatan rambut.

"Ada banyak pilihan seperti sampo, masker rambut, minyak rambut, hingga serum," terangnya.

Irshinskiy menyukai formula yang mengandung minyak mentah, atau lebih baik lagi, ekstrak minyak zaitun, yang memiliki bobot yang lebih ringan dan tidak akan membuat helai rambut terasa kotor.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/21/160000920/cara-pakai-minyak-zaitun-untuk-rambut-lebih-sehat-dan-berkilau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke