Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Ide Minuman Diet demi Bantu Turunkan Berat Badan

Tidak ada jalan pintas untuk hal ini. Namun, mengonsumsi makanan atau minuman diet yang sehat dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Nah, seperti dilansir laman Eat This Not, ahli medis The Nutrition Twins, Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos Shames membagikan beberapa tips minuman diet yang sehat.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak selengkapnya empat minuman diet yang bantu turunkan berat badan, sebagai berikut.

1. Skinny iced matcha green tea latte

"Matcha terbukti dapat meningkatkan pembakaran lemak," kata keduanya.

"Jadi, resep ini mungkin memiliki keuntungan tambahan sebagai camilan penurun berat badan yang sangat memuaskan," ujar mereka.

The Nutrition Twins -demikian julukan mereka- menyarankan agar kita meminum teh yang mengandung 20 kalori dan kaya antioksidan ini sebagai camilan sore hari agar tetap kenyang selama beberapa jam.

Dengan cara ini kita dapat melewatkan minuman berkalori tinggi lainnya seperti frappuccino.

Kita juga dapat menghindari makanan ringan dari mesin penjual otomatis yang tidak sehat dan akan menghemat ratusan kalori, serta menghasilkan penurunan lemak yang cukup cepat.

"Ditambah lagi, matcha telah terbukti meningkatkan pembakaran lemak yang dipicu oleh olahraga, jadi jika hal tersebut menginspirasi kita untuk lebih banyak bergerak dan meminumnya, potensi pembakaran lemak bisa sangat berdampak," mereka menambahkan.

2. Raspberry ginger lime soda

Soda terkenal sebagai salah satu minuman terburuk untuk kesehatan dan upaya penurunan berat badan.

Namun, mereka menyarankan untuk minum soda alami yang sehat dengan tambahan raspberry, jahe, dan lemon yang bisa dibuat sendiri sebagai alternatifnya.

Selain menyegarkan, minuman ini juga dapat membantu kita dalam upaya penurunan berat badan dengan cepat.

"Bebas dari bahan buatan dan hanya mengandung 2 gram gula, minumlah sepanjang hari dan kita akan tetap terhidrasi," terangnya.

"Minuman ini juga dapat membantu meningkatkan energi, mengurangi rasa lapar, dan menghindari kesalahan mengira rasa haus sebagai rasa lapar maupun mengonsumsi kalori berlebih yang dapat menambah berat badan," ujar keduanya.

3. Turmeric golden milk

Menurut mereka, memilih untuk meminum turmeric golden milk yang menenangkan dan rendah kalori ini sebelum tidur mungkin bisa membantu untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

"Minuman yang mirip chai ini mengandung tiga rempah-rempah yang paling ampuh untuk melawan peradangan kronis, yakni jahe, kunyit, dan kayu manis," katanya.

Penelitian dari Archives of Medical Science Journal menunjukkan, peradangan kronis berkaitan dengan kenaikan berat badan.

Keduanya juga mengungkapkan, kayu manis dapat membantu mengatur gula darah, yang baik dalam hal mengelola keinginan makan di malam hari.

Penurunan gula darah mengakibatkan perubahan suasana hati, sehingga sulit untuk membuat keputusan yang rasional tentang apa yang harus dimakan.

Biasanya, hal ini dapat menyebabkan kita meraih gula sebagai penambah energi yang cepat.

"Meskipun camilan sebelum tidur dan larut malam terkenal sebagai bom kalori yang dapat menambah berat badan, menyeruput minuman ini bisa membantu menghindari keinginan makan hanya dengan 40 kalori, dan mencegah ngemil larut malam," kata dia.

"Kita akan bangun di pagi hari dengan perasaan yang lebih ringan saat menghindari camilan."

"Di samping itu, suasana hati yang tenang dan gula darah yang stabil penting untuk mencegah makan berlebihan selain tidur malam yang nyenyak," lanjut mereka.

4. Kopi

Menurut penelitian yang dimuat di Obesity Journal, sebuah studi menemukan bahwa kopi berkafein dapat mengurangi asupan kalori dan meningkatkan metabolisme.

"Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang minum kopi berkafein mengonsumsi lebih sedikit kalori secara signifikan dibandingkan mereka yang minum lebih sedikit kafein atau mereka yang tidak minum kafein," kata dia.

Kafein juga disarankan untuk meningkatkan metabolisme.

Berdasarkan lebih banyak laporan, kopi mampu membantu menggerakkan usus. Ini adalah sesuatu yang dapat menghasilkan potensi penurunan berat badan yang cepat.

"Ingatlah untuk meminum kopi hitam atau dengan sedikit susu skim atau susu nabati agar kalorinya tidak bertambah," jelas mereka.

"Hanya saja, jangan minum kopi terlalu larut di siang hari atau kafein dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak, yang justru kontraproduktif dalam hal penurunan berat badan," imbuh keduanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/27/111145720/4-ide-minuman-diet-demi-bantu-turunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke