Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Orang Indonesia Makin Sadar akan Kandungan Skincare

KOMPAS.com - Saat ini, nampaknya pengguna skincare di Indonesia semakin sadar dan "kepo" akan berbagai kandungan yang ada dalam kosmetik dan skincare yang mereka gunakan.

Tak jarang, para beauty enthusiast ini rela menonton dan membaca berbagai ulasan produk berikut fungsi kandungan yang ada dalam produk yang diminatinya demi membuktikan klaim yang ada.

Hal itu pun dibuktikan dengan survei Google tahun 2022, yang melihat bahwa kesadaran konsumen terhadap pentingnya menjaga kelembapan kulit meningkat pesat, terlihat dari hasil penelusuran kandungan “Ceramide” yang meningkat 130 persen dan “Niacinamide” yang tumbuh 100 persen.

Selain itu, kata "skin barrier” juga cukup populer di kalangan pecinta skincare, dengan kenaikan 80 persen dan penelusuran “Retinol” yang naik 110 persen, menunjukkan minat tinggi pengguna akan bahan aktif anti-aging.

Lebih lanjut, Google meyakini bahwa para beauty enthusiast Indonesia makin gemar mencari brand terbaru dan produk-produk dengan kandungan bahan yang sedang tren melalui influencer lokal favorit mereka.

Beberapa beauty vlogger di YouTube seperti Tasya Farasya dengan 4,2 juta subscriber, Rachel Goddard dengan 3,2 juta subscriber, dan Jovi Adhiguna dengan 286 ribu subscriber pun kerap menjadi sasaran para beauty enthusiast saat menggali informasi terkait skincare.

Bahkan, popularitas para influencer di atas juga mampu mengangkat brand-brand yang mereka ulas dan turut meningkatkan penelusuran “new make up” sebesar 80 persen.

Lalu, karena saat ini bekerja dan beraktivitas di luar ruangan telah kembali menjadi hal umum, banyak pengguna Google yang mencari produk personal care untuk mendukung kegiatan tersebut, termasuk “Lip balm” yang penelusurannya naik sebesar 130 persen dan brand tabir surya yang naik hingga 60 persen.

Pencarian untuk poduk-produk ukuran "travel pack" untuk dibawa bepergian juga terbukti naik hingga 70 persen.

Sementara itu, nampaknya orang Indonesia pun mulai banyak mereka yang melakukan aktivitas outdoor, terlihat dari penelusuran “rambut kering” yang meningkat 70 persen dan “ketombe” yang naik 60 persen.

Terakhir, masyarakat Indonesia juga nampak senang mencari make-up tematik, skincare, dan penataan rambut berdasarkan acara tertentu, seperti “make up wisuda” yang tumbuh hingga 80 persen, “anime make up” yang naik 70 persen, dan “make up artist Jakarta” yang meningkat hingga 30 persen.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/28/153048420/orang-indonesia-makin-sadar-akan-kandungan-skincare

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke