Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Kulit Kering pada Anjing dan Cara Mengatasinya

Hal ini sering kali diakibatkan oleh alergi dan kondisi hormonal, serta perubahan musim yang dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan.

Untuk itu, menghidrasi kembali kulit anjing dapat memberikan kelegaan yang luar biasa.

Selain itu, penting juga untuk mengatasi penyebab utama mengapa kulit hewan ini menjadi kering.

Nah, dilansir dari laman Pets Radar, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab kulit kering pada anjing dan cara tepat mengatasinya.

Penyebab kulit kering pada anjing

Mungkin sulit untuk mendiagnosis penyebab pasti dari kulit kering anjing peliharaan kita karena banyaknya potensi masalah yang dapat memicunya.

Namun, berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab paling umum.

1. Pola makan

Memeriksa pola makan anjing merupakan langkah awal yang baik untuk memulai ketika kita mencoba mempersempit potensi penyebab kulit kering.

Ketidakseimbangan asam lemak esensial (omega-3 dan omega-6) atau kekurangan protein adalah dua masalah yang berhubungan dengan pola makan yang dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan bersisik.

Biji-bijian dan bahan lainnya, seperti gandum, jagung, kedelai, susu, maupun telur, juga telah ditemukan dapat memicu reaksi alergi pada beberapa anjing yang bermanifestasi sebagai masalah kulit.

Jika kita merasa pola makan anjing peliharaan kita saat ini mungkin menjadi penyebabnya, temukan panduan tentang makanan anjing terbaik untuk alergi dan mengetahui formula yang lebih ramah kulit.

2. Terlalu sering mandi

Seberapa sering kita harus memandikan anjing peliharaan kita adalah pertanyaan umum di antara para pemilik hewan peliharaan.

Dan jawabannya adalah tergantung kondisi anjing tersebut.

Anjing yang aktif dan lebih mudah kotor atau anjing yang lebih besar dan berbulu panjang perlu dimandikan lebih sering daripada anjing yang berbulu tipis dan yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan.

Namun, aturan praktisnya adalah mencoba untuk tetap memandikannya sebulan sekali.

Alasannya adalah karena memandikan anjing secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami, sehingga membuat kulitnya menjadi kering dan bersisik.

3. Udara kering

Jika kita pernah menghabiskan waktu lama di ruangan ber-AC atau berpemanas, kita mungkin tahu bagaimana rasanya kulit yang mengering.

Hal sama juga berlaku untuk sahabat anjing kita yang kulitnya juga terpengaruh oleh perubahan suhu musiman, baik di dalam maupun di luar ruangan.

4. Alergi

Selain kemungkinan alergi makanan, anjing peliharaan kita mungkin juga menderita alergi musiman atau alergi lingkungan yang dapat memicu kulit kering.

Hal-hal seperti serbuk sari, debu, rumput, biji-bijian, bulu binatang, dan air liur kutu adalah penyebab yang umum.

Yang terakhir ini juga dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai dermatitis alergi kutu sehingga menyebabkan gatal, kemerahan, dan peradangan.

Cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan memastikan anjing peliharaan kita terlindungi dari parasit pengganggu dengan salah satu perawatan kutu terbaik untuk anjing.

5. Masalah kesehatan

Infeksi bakteri dan jamur, seperti kurap, diketahui dapat menyebabkan kulit kering pada anjing.

Jika anjing peliharaan kita memiliki penyakit metabolik, seperti hipotiroidisme atau penyakit Cushing, atau penyakit autoimun, kita mungkin juga akan mendapati kulit kering sebagai efek samping yang umum terjadi.

6. Ras tertentu

Terakhir, beberapa ras secara genetik lebih rentan terhadap kondisi kulit daripada yang lain.

Ras anjing yang tidak berbulu, seperti Chinese Crested, dapat mengalami sejumlah masalah yang berhubungan dengan kulit.

Sementara ras berbulu ganda yang lebih besar, seperti Siberian Husky dan Alaskan Malamute, dapat mengembangkan suatu kondisi yang dikenal sebagai dermatosis responsif, zinc yang dapat mengganggu perkembangan sel kulit yang normal.

Cara mengatasi

Ada banyak cara berbeda yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kelembapan pada kulit anjing.

Namun penting untuk diingat bahwa hal ini merupakan proses yang dimulai dari dalam ke luar.

Dengan mengingat hal tersebut, berikut ini adalah beberapa solusi internal dan eksternal untuk membuat kulit anjing peliharaan menjadi lebih sehat dan lembap.

1. Berikan makanan yang baik

Makanan anjing terbaik adalah makanan yang lengkap dan seimbang, yang mengandung semua yang dibutuhkan oleh anjing peliharaan kita agar tetap bahagia dan sehat.

Namun, beberapa formula akan mengandung lebih banyak kandungan tertentu daripada yang lain.

Dan ketika menyangkut kulit kering, sangat penting untuk mencari makanan anjing basah atau kering yang mengandung banyak asam lemak omega-3 dan omega-6.

Asam lemak ini sangat baik, tidak hanya untuk menutrisi kulit tetapi juga berkontribusi pada kesehatannya secara keseluruhan.

2. Tambahkan minyak ekstra jika perlu

Jika kita merasa bahwa anjing peliharaan kita tidak mendapatkan cukup asam lemak dalam makanannya, bicarakan dengan dokter hewan.

Bahaslah tentang pemberian suplemen salmon, krill, atau minyak kelapa, yang dapat ditambahkan pada makanan anjing untuk memberikan tambahan nutrisi.

Dokter hewan biasanya akan memberi tahu kita tentang dosis yang tepat, karena terlalu banyak minyak juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Pastikan anjing minum cukup air

Sama seperti manusia, air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh anjing agar tetap prima dan menambah kelembapan pada kulit.

Jika kita khawatir anjing peliharaan kita tidak mendapatkan hidrasi yang cukup, pertimbangkan untuk berinvestasi pada alat seperti water fountain yang dapat mendorong hewan ini minum lebih banyak.

4. Gunakan produk yang dirancang untuk kulit kering

Ketika kita memandikan anjing peliharaan, gunakan sampo dan kondisioner yang menggunakan bahan-bahan bernutrisi.

Bahan-bahan tersebut seperti oatmeal, shea butter, minyak kelapa, dan lidah buaya, yang semuanya dirancang untuk menambah kelembapan pada kulit.

5. Cobalah minyak kelapa

Selain menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan anjing dalam dosis yang tepat, minyak ajaib ini juga dapat digunakan secara eksternal.

Banyak pemilik anjing juga melaporkan hasil yang luar biasa minyak kelapa dalam menghilangkan kulit kering dan bersisik, serta meredakan peradangan dan rasa gatal.

Oleskan minyak ini pada bulu anjing dan pastikan untuk menggosokkannya ke kulit.

6. Perhatikan suhu atau cuaca

Hal ini berlaku baik di dalam maupun di luar ruangan.

Kulit anjing sangat sensitif terhadap perubahan suhu yang ekstrem, ketika udara di dalam atau di luar rumah terlalu dingin atau terlalu panas.

Kelembapan yang rendah biasanya sangat bermasalah.

Jadi berinvestasi pada pelembap udara sangat berharga jika kita menemukan bahwa hal ini cenderung memicu kulit kering pada anjing.

Di samping itu, pelembap udara juga dapat membantu mengembalikan kelembapan, terutama ketika anjing peliharaan kita menghabiskan banyak waktu di ruangan berpemanas atau ber-AC.

7. Perawatan rutin

Salah satu cara termudah untuk menjaga kulit anjing peliharaan kita dalam kondisi prima adalah dengan melakukan sesi perawatan rutin menggunakan sikat anjing yang bagus.

Disarankan untuk melakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

Langkah ini berguna membantu mendistribusikan minyak alami pada bulu anjing, serta menghilangkan bulu mati dan sel-sel kulit tua.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/01/132526620/penyebab-kulit-kering-pada-anjing-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke