Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Perempuan Internasional 2023, Women's Run 10K Hadir Kembali

KOMPAS.com - Asean Women’s 10K kembali hadir di Jakarta untuk memeringati Hari Perempuan Internasional 2023.

Lomba lari ini yang bekerjasama dengan AIA Vitality ini sedikit berbeda dengan Asean Women’s 10K yang pernah digelar sebelumnya.

“Kali ini, Women’s 10K yang memang sudah beberapa kali, sebenarnya, dilakukan berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta."

"Namun, tahun ini kita angkat lebih kepada menyentuh Ke-Aseanannya seperti itu.”

Demikian ungkap Kepala Biro Kerja Sama Pemerintah DKI Jakarta Marulina Dewi dalam konferensi pers daring, AIA Vitality Women's 10K 2023, Rabu (8/3/2023).

Seperti namanya, Women’s 10K ini ini adalah lomba lari khusus perempuan dengan jarak tempuh 10 kilometer.

Di tahun 2023, lomba ini menjadi Women’s 10K keempat yang digelar.

Disebutkan, latarbelakang dari digelarnya hajatan ini adalah karena minimnya partisipasi perempuan dalam olahraga lari.

“Awalnya itu lahir pada tahun 2020, karena kita lagi ngobrol-ngobrol dan kita merasa kok, ternyata dari beberapa banyaknya race lari, persentasi partisipasi (perempuan) masih di bawah 30 persen."

"Jadi, kita pikir pastinya ada alasan kenapa angka itu kecil. Apakah dari segi keamanan, kenyamanan, atau motivasinya kurang,” ungkap Laila Munaf, Co-Founder dari Sana tudio dan Women’s 10K.

Sementara itu, dokter spesialis kedokteran olahraga dari Royal Sports Performance Center Sophia Hage mengatakan, lomba lari ini juga diharapkan dapat membuat perempuan lebih aktif bergerak.

Apalagi menurut dia, kurangnya bergerak dapat memicu berbagai masalah kesehatan pada perempuan. Untuk itu, dibutuhkan olahraga seperti lari guna mencegahnya.

“Manfaatnya, risiko penyakit jadi lebih rendah seperti resiko terkena kanker. Kemudian penyakit tidak menular lain, ya, seperti obesitas, serangan jantung, itu menurun,” ujar Sophia.

Sophia pun menambahkan, olahraga dan aktif bergerak akan membuat tubuh lebih bugar dan sistem kekebalan tubuh meningkat, yang tentu dibutuhkan bagi para perempuan yang selalu sibuk setiap harinya.

Lebih lanjut, sebelum digelarnya acara puncak pada Minggu, 12 Maret mendatang, tim Asean Women’s 10K bakal menggelar serangkaian kegiatan.

Misalnya saja, sosialiasi ke sekolah-sekolah terkait pentingnya berolahraga, mengenalkan lebih lanjut tentang apa itu Asean, dan walking tour bertajuk "ASEAN kenal Jakarta.”

Selain itu, Laila juga mengatakan, kegiatan lomba ini bukan bertujuan untuk menemukan siapa orang yang terkuat.

“Melainkan untuk membangun gaya hidup sehat perempuan di seluruh Indonesia” tutup Laila.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/09/153650320/hari-perempuan-internasional-2023-womens-run-10k-hadir-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke