Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Dekorasi Rumah Jelang Ramadhan dan Kumpul Keluarga

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan menjadi momen yang paling ditunggu banyak orang karena di momen ini kental dengan kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi bersama keluarga.

Momen ini pun turut melahirkan tips dan tren dekorasi rumah yang difokuskan pada ruang-ruang tertentu untuk ditata kembali, dirapikan, sampai didekorasi ulang.

Tujuannya apalagi kalau bukan menciptakan momen kebersamaan keluarga yang lebih leluasa dan hikmat dalam menyambut bulan Suci Ramadhan.

Selaras dengan hasil survei yang dilakukan oleh The Trade Desk bersama YouGov mengenai perilaku konsumen Indonesia selama bulan Ramadhan 2023, data itu menunjukan bahwa 88 persen masyarakat berencana berbelanja barang seperti hampers, kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya saat Ramadhan tahun ini.

"Kami sangat mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan Ramadhan tahun ini karena rumah menjadi tempat yang digunakan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat saat momen Ramadhan dan Lebaran."

"Supaya semakin meningkatkan kenyamanan di rumah saat berkumpul, masyarakat kerap mendekorasi rumahnya sesuai dengan gaya mereka."

Demikian kata Narendra Pryottama, head of brand & communications Dekoruma dalam peluncuran kampanye "#EnaknyaAdaDekoruma Rayakan Kebersamaan Semakin Berkesan", di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Hadirnya kampanye tersebut diharapkan bisa memberikan warna baru dengan menghadirkan furnitur dan aksesori rumah agar masyarakat dapat semakin mempercantik dan melengkapi kebutuhan rumah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Lebaran.

Kania Bunga, Interior Communications Manager Dekoruma menyampaikan bahwa perayaan bulan Ramadhan kali ini mungkin bisa menjadi momen berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Masyarakat dapat kembali menjalankan bulan Ramadhan seperti sebelumnya, yang mana mereka dapat lebih leluasa menciptakan momen kebersamaan dengan berkumpul bersama orang terdekat.

Pemilihan produk home and living yang tepat dapat menciptakan rasa damai dan membuat bulan Ramadan semakin berkesan.

Begitu juga dengan kombinasi warna dan material dari elemen alam khas Japandi seperti kayu dan warna langit menjelang waktu berbuka puasa dapat membawa kehangatan dalam momen kebersamaan selama bulan Ramadhan.

Tips dekorasi rumah menjelang Ramadhan

Ada beberapa tips dekorasi rumah yang menjadi fokus masyarakat untuk ditata ulang, dibersihkan atau diciptakan suasana baru selama Ramadhan.

Tips tersebut adalah menata ulang ketiga ruangan yang paling banyak dipergunakan selama Ramadhan.

"Tips dekorasi rumah yang difokuskan banyak masyarakat menjelang Ramadhan itu ada tiga ruang yang menjadi highlight. Seperti di dapur, ruang makan dan ruang keluarga," kata dia kepada Kompas.com di kesempatan yang sama.

Dalam hal ini, berikut sejumlah tips yang bisa dicoba untuk menciptakan suasana hangat bersama keluarga selama Ramadhan.

1. Merapikan, membersihkan dan menata ulang isi ruangan

Tidak sedikit orang yang mulai memaksimalkan tiga ruangan tersebut supaya saat berkumpul dalam menyiapkan menu sahur, berbuka, ngabuburit atau sekadar berkumpul menjadi lebih nyaman.

Ketiga ruangan itu bisa dibersihkan, dirapikan atau ditata kembali demi menciptakan suasana baru yang lebih hangat dan nyaman.

2. Pilihan furnitur multifungsi hemat ruang

Pemilihan produk furnitur untuk melengkapi dekorasi ruang menjadi satu elemen penting dalam menciptakan suasana nyaman saat menyambut bulan Suci.

Kania mengatakan bahwa saat membeli furnitur baru dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Misalnya memilih furnitur yang simpel, fungsional, multifungsi, hemat tempat, dan mudah dikombinasikan.

Furnitur yang fungsional dan hemat tempat itu bertujuan agar ruangan tetap terasa nyaman tanpa terlihat penuh sesak karena kebanyakan barang.

"Perhatikan juga tata letaknya jangan sampai memblokir sirkulasi udara atau memblokir ruang biar rumah lebih terasa luas."

"Atau bisa menerapkan open space dengan menghilangkan batas antara ruang makan dan ruang keluarga biar saat berkumpul juga lebih nyaman," katanya.

3. Deculttering ruang dapur, makan dan keluarga

Beberapa ide lain agar ketiga ruang itu lebih terasa nyaman bisa dilakukan dengan decluttering isi ruangan.

Decluttering ini adalah memilah-milah barang atau furnitur mana yang masih layak digunakan atau sudah waktunya untuk tidak digunakan lagi agar tidak terlihat menumpuk.

"Pada prinsipnya seperti beberes rumah. Keuntungannya juga untuk lebih memaksimalkan ruangan agar tampak lebih rapi dan tidak menumpuk, dan memudahkan kita juga kalau mencari barang," jelas dia.

Untuk dapur mungkin bisa dipilah lagi, ditata ulang bahan-bahan memasak untuk dikategorikan menjadi satu kelompok.

Ketahui furnitur atau barang-barang apa yang membuat pandangan mata jadi tidak enak dilihat. Perhatikan juga fungsinya, jika tidak begitu penting atau sudah usang lebih baik pindahkan ke tempat lain atau ke gudang.

4. Warna cat dinding sangat berpengaruh

Dekorasi rumah, warna cat dinding juga sangat berpengaruh untuk menciptakan suasana nyaman dan hangat saat kumpul keluarga.

Kata Kania, pemilihan warna cat dinding dengan nuansa warna terang bisa membantu ruangan tampak lebih luas.

"Di ruang keluarga misalnya, warna-warna terang seperti krem, abu-abu muda, putih itu bisa membuat ruangan tampak lebih luas juga," pungkas Kania.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/16/130707720/4-tips-dekorasi-rumah-jelang-ramadhan-dan-kumpul-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke