Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inspirasi Menu Sahur Pertama agar Tak Lemas di Siang Hari

Momen ini menjadi pertama kalinya kita berpuasa sambil beraktivitas normal setelah dua tahun belakangan dibatasi Covid-19.

Kita harus tetap beraktivitas di luar rumah seperti ke kantor, ke sekolah atau kebutuhan lainnya saat menahan lapar dan haus.

Penyesuaian kembali ini tentunya bisa membuat kita lesu dan tidak berenergi jika tidak dibarengi asupan nutrisi yang tepat.

Ahli gizi jebolan Universitas Indonesia, Ulfa Teni Safira, S.Gz mengatakan makan sahur adalah kunci utama agar tidak lemas di siang hari.

"Supaya gak lemas, tentunya harus makan sahur. Karena waktu makan di puasa itu jadi terbatas maka maksimalkan waktu makan untuk mencukupi kebutuhan zat gizi harian kita," katanya, kepada Kompas.com.

Kuncinya adalah menu makanan dengan komposisi yang lengkap dan seimbang, sesuai panduan Isi Piringku dari Kementriaan Kesehatan.

Pola ini merupakan porsi makan yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur lalu sisanya merupakan kombinasi karbohidrat dan protein.

Untuk menu sahur hari pertama, Ulfa merekomendasikan makanan yang sederhana tapi seimbang.

"Contoh menu sahur simple dan seimbang bisa, nasi + capcay ayam + tahu goreng," jelasnya.

"Seperti yang kita tau saat puasa kan muncul makanan ringan buat berbuka yg didominasi oleh karbohidrat dan lemak, tapi proteinnya mungkin bisa kurang," ujarnya.

Padahal kita tetap membutuhkan nutrisi yang seimbang, apalagi ketika tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan pola hidup.

Ulfa berpesan untuk memastikan agar menu protein dari lauk hewani dan nabati tidak ketinggalan setiap kali menikmati makanan utama atau makan besar.

"Tambahkan bahan makanan sumber protein sebagai camilan berbuka (kacang-kacangan, susu)" terangnya.

Kita juga dianjurkan agar tetap aktif bergerak atau olahraga ringan selama Ramadhan 2023 agar aliran darah lancar dan tubuh tidak lemas.

"Hindari juga begadang karena kan kita perlu bangun lebih pagi yaaa," tandas Ulfa.

Khusus untuk perempuan, ia menambahkan penting juga memperhatikan kecukupan zat besi selama puasa.

"Karena perempuan itu lebih rentan anemia, jadi upayakan di bulan puasa yg waktu makannya terbatas ini, kita gak menghambat penyerapan zat besi," katanya. 

Misalnya dengan cara minum teh dalam waktu berdekatan dengan waktu makan utama sehingga zat besi tidak terserap optimal oleh tubuh.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/22/050000720/inspirasi-menu-sahur-pertama-agar-tak-lemas-di-siang-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke