Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teh Hijau Bisa Jadi Minuman untuk Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Belum lagi, teh hijau bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan, seperti jahe, madu, lemon, buah-buahan, hingga rempah-rempah, yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga memperkaya rasa.

Selain menyehatkan, banyak orang mengklaim teh hijau ternyata juga bisa menjadi minuman diet untuk membantu proses penurunan berat badan.

Sayangnya, menurut pelatih kebugaran dan pendiri Miten Says Fitness, Miten Kakaiya, tidak ada manfaat tambahan atau senyawa yang ada dalam teh hijau yang dapat membantu kita menurunkan berat badan.

Apalagi jika kita hanya meminumnya dua cangkir setiap hari.

"Teh hijau, teh penurun berat badan, dan lain-lain hanyalah tipu muslihat pemasaran yang membuat kita berada dalam lingkaran kebingungan yang tidak ada habisnya," terang dia seperti dikutip dari News 18.

Peran teh hijau dalam proses penurunan berat badan

Teh hijau sering kali dikaitkan dengan penurunan berat badan karena efek termogeniknya.

Beberapa kelompok makanan diketahui memang dapat membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi.

Efek termogenik potensial dari kelompok makanan inilah yang kerap memicu penurunan berat badan, meskipun hanya sampai batas tertentu.

Fenol alami dan antioksidan yang ada dalam teh hijau, misalnya, dapat membantu menginduksi termogenesis.

Tetapi hanya 1-2 cangkir teh hijau setiap hari terlalu sedikit untuk itu.

Dengan kandungan antioksidan alami yang meningkatkan kesehatan usus, teh hijau juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan lainnya.

Perlu diingat, diperlukan teh hijau dalam jumlah besar untuk mendapatkan efek potensial pada tubuh.

"Banyak orang berpikir bahwa teh hijau saja dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi itu sama sekali tidak benar," kata pelatih kebugaran dari Hell-Beant Fitness Studio, Md. Abid Hossain.

"Namun, teh hijau mampu menekan rasa lapar dan nafsu makan seseorang yang mungkin bisa berkontribusi pada proses penurunan berat badan," jelas dia.

Yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan

Pada dasarnya, kita hanya dapat menurunkan berat badan dengan dua cara, yakni mengurangi asupan kalori atau meningkatkan pengeluaran energi harian.

Penurunan berat badan atau lemak bukanlah solusi yang cepat. Ini adalah perubahan gaya hidup yang perlu diadaptasi.

Berikut adalah beberapa hal yang benar-benar berkontribusi pada penurunan berat badan atau perjalanan kebugaran yang sehat.

• Defisit Kalori

Jumlah total energi yang kita habiskan dalam sehari dihitung sebagai Total Pengeluaran Energi Harian (TDEE). Ini adalah jumlah kalori yang kita bakar dalam sehari.

Jadi, jika kita ingin menurunkan berat badan, maka kita harus mengalami defisit kalori dengan memastikan bahwa asupan kalori harian kurang dari TDEE harian.

Di samping itu, kita juga dapat melakukannya dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang kita bakar dalam sehari atau membakar lebih banyak kalori daripada yang kita konsumsi dalam sehari.

Oleh sebab itu, mengatur asupan makanan dengan sangat cermat harus dilakukan untuk mempertahankannya.

• Menerapkan gaya hidup aktif

Meningkatkan aktivitas sehari-hari untuk membakar lebih banyak energi daripada yang kita konsumsi dalam sehari adalah solusi lainnya untuk menurunkan berat badan.

Melakukan olahraga, seperti yoga, pilates, menari, jogging, dan lain-lain adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk tetap aktif dan membakar lebih banyak kalori.

• Mengonsumsi makanan seimbang

Selain mengatur kalori, kita harus fokus pada makanan yang menyehatkan tubuh dan berkontribusi pada tujuan kebugaran.

Pastikan makanan kita mengandung semua nutrisi makro dan mikro dalam jumlah yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat maupun aktif setiap saat.

Intinya, teh hijau atau teh penurun berat badan bukan satu-satunya hal yang beperan penting pada perjalanan penurunan berat badan.

Karena gaya hidup, pola makan, dan kebiasaan hidup kita sehari-hari yang menentukan.

Selain itu, kita juga perlu berkonsultasi dengan seorang ahli atau dokter gizi untuk memandu dan membantu perjalanan menurunkan berat badan bisa lebih efektif dan berkelanjutan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/27/210000620/teh-hijau-bisa-jadi-minuman-untuk-turunkan-berat-badan-benarkah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke