Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ditemukan 40 Tahun Lalu, Tartan Ini Jadi yang Tertua di Skotlandia

Tes yang dilakukan Otoritas Tartan Skotlandia (STA) membuktikan hal ini dengan mendapati jika kain tersebut dibuat sekitar abad ke-16.

Artinya, tartan yang ditemukan di tahun 1980-an itu sudah berusia lebih dari 400 tahun.

Pengujian dilakukan dengan analisis pewarna dan pengujian radiokarbon tekstil untuk membuktikan umurnya.

Menggunakan mikroskop digital resolusi tinggi, empat warna awal hijau, coklat dan mungkin merah dan kuning diidentifikasi.

Analisis pewarna mengkonfirmasi penggunaan indigo atau woad pada warna hijau tetapi tidak meyakinkan untuk warna lain, mungkin karena zat warna telah terdegradasi.

Tidak ada pewarna buatan atau semi-sintetik yang terbukti digunakan dalam pembuatan tartan tersebut, membuat para peneliti percaya bahwa tekstil itu ada sebelum tahun 1750-an.

STA mengatakan tahun pembuatannya diperkirakan tahun 1500 dan 1655, tetapi periode 1500 hingga 1600 adalah yang paling mungkin.

Temuan ini menjadikannya potongan tartan asli tertua yang ditemukan di Skotlandia.

Peter MacDonald, kepala penelitian dan pengumpulan di STA, mengatakan proses pengujian memakan waktu hampir enam bulan tetapi mengaku senang dengan hasilnya.

"Di Skotlandia, contoh tekstil tua yang masih ada langka karena tanahnya tidak kondusif untuk kelangsungan hidupnya," tambahnya.

"Potongan itu terkubur di gambut, artinya tidak terkena udara dan karena itu diawetkan."

Dia mengatakan, tartan itu mengandung beberapa warna, dengan banyak garis, sesuai dengan kualitas sejati wastra kebanggaan orang Skotlandia itu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/28/042103220/ditemukan-40-tahun-lalu-tartan-ini-jadi-yang-tertua-di-skotlandia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke