Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Langkah Meningkatkan Percaya Diri

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Kepercayaan diri merupakan hal yang diperlukan setiap orang. Pasalnya, seseorang harus yakin pada kemampuan dirinya sendiri untuk melakukan segala hal dengan baik.

Namun, terkadang seseorang dapat kehilangan percaya diri ketika berbicara di depan banyak orang atau saat melihat orang lain memiliki berbagai pencapaian. Dampak negatif yang muncul dari hilangnya kepercayaan diri pun beragam mulai dari overthinking hingga minder.

Padahal, kepercayaan diri merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan mental maupun fisik. Informasi ini pun dijelaskan Andras Bordes, Psikolog, dalam siniar Obsesif bertajuk “Cara Agar Percaya Diri ft. Andreas Bordes” dengan tautan akses dik.si/ObsesifAndreas1.

Pengertian Kepercayaan Diri

Dikutip dari Very Well Mind, The American Psychological Association menyebutkan bahwa kepercayaan diri adalah keyakinan yang dimiliki seseorang untuk mampu memenuhi berbagai tuntutan tugas atau kewajiban.

Sejalan dengan itu, Anthony dalam buku Rahasia Membanung Kepercayaan Diri (1992) menyatakan kepercayaan diri adalah sikap seseorang yang mampu untuk menerima kenyataan, berpikir positif, dan memiliki kemampuan untuk memiliki yang diinginkan.

Sementara itu, Peter Lauster dalam bukunya yang berjudul Tes Kepribadian (2002), menyebutkan bahwa percaya diri adalah bentuk keyakinan seseorang terhadap kemampuan, bakat, potensi yang dimilikinya, tanpa khawatir dan mencemaskan orang lain.

Artinya, orang itu bisa menerima, dan percaya sepenuhnya pada dirinya. Jadi, ia akan merasa memiliki kendali atas diri sendiri. Seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan melakukan kegiatan dan keinginan secara bebas dan bertanggung jawab penuh atas apa yang dilakukan.

Bagaimana Meningkatkan Rasa Percaya Diri?

Dilansir dari Psychology Today, Lauren Florko, Ph.D. menjelaskan ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri.

1. Berpikir Positif

Melawan pikiran negatif terhadap diri sendiri dan selalu berpikir positif. Pikiran-pikiran negatif terhadap diri sendiri biasanya muncul ketika seseorang tidak mencintai diri sendiri.

Saat seseorang selalu mengatakan hal-hal positif tentang dirinya, maka kepercayaan diri akan meningkat seiring berjalannya waktu. Orang yang selalu berpikir positif juga akan semakin menghargai dirinya sendiri.

2. Motivasi Diri

Motivasi merupakan hal penting agar seseorang bisa selalu percaya bahwa dirinya mampu melakukan hal yang bermakna. Motivasi atau validasi kepada diri sendiri bisa dilakukan dengan mengatakan afirmasi positif yang memicu semangat.

Selain itu, bersyukur atas segala yang dimiliki juga merupakan motivasi yang cukup ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri.

3. Melakukan Hal yang Disukai

Seseorang akan semakin percaya diri jika berusaha meraih kesuksesan dengan melakukan hal yang dicintai dan sesuai keahliannya.

Ketika memiliki tujuan yang sesuai dengan passion dan nilai-nilai yang dianut, orang tersebut akan mampu menjadi versi terbaik dari dirinya.

4. Bersyukur

Bersyukur artinya seseorang menerima segala sesuatu yang dianugerahkan Tuhan kepada dirinya. Bersyukur dapat meningkatkan rasa cinta pada diri sendiri karena menyadari akan kekurangan yang dimiliki.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang penuh dengan kekurangan. Dengan bersyukur, manusia akan lebih percaya dengan kemampuan yang dimiliki.

5. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri

Dikutip dari Verywell Mind, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara kecemburuan dan rasa percaya diri.

Para peneliti mencatat, ketika seseorang membandingkan dirinya dengan orang lain, mereka mengalami kecemburuan. Bahkan, ketika mereka merasa semakin cemburu, rasa percaya diri yang dimiliki pun akan semakin buruk.

Dengarkan informasi lengkapnya dalam siniar Obsesif episode “Cara agar Percaya Diri ft. Andreas Bordes” di Spotify dengan tautan akses dik.si/ObsesifAndreas1.

Di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk job seeker dan fresh graduate.

Ikuti siniar Obsesif dan akses playlist-nya di YouTube Medio by KG Media sekarang juga agar kalian tak tertinggal tiap episode terbarunya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/30/123608620/5-langkah-meningkatkan-percaya-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke