Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Pria Memiliki Kecenderungan Selingkuh?

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Banyak faktor yang menjadi penyebab orang bisa berselingkuh. Melansir dari WebMd, Steven Nock yang merupakan profesor sosiologi dari University of Virginia pernah mengungkapkan bahwa salah satu hal yang membuat pria lebih banyak berselingkuh adalah faktor lingkungan.

Bahkan, banyak kasus pria memilih berselingkuh meski sudah memiliki kehidupan rumah tangga atau asmara yang membahagiakan. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan, mengapa orang-orang tersebut memilih berselingkuh?

Hal ini pun dibahas dalam siniar Obrolan Meja Makan bertajuk “Ayah Pacaran dengan ART” yang dapat diakses melalui tautan dik.si/OMMAyah.

Mengutip dari situs Verywell Mind, pria memiliki kecenderungan untuk berselingkuh dibanding wanita. Alasannya adalah untuk memuaskan kehidupan seksual dan ingin mendapat perhatian lebih.

Sementara itu, wanita sering berselingkuh dengan alasan mengisi kekosongan emosional. Ketika wanita merasa tidak dihargai atau diabaikan, mereka akan mencari keintiman emosional dari hubungan di luar pernikahannya.

Lantas, apa saja alasan yang menyebabkan pria memiliki kecenderungan berselingkuh?

Belum Dewasa secara Emosional

Menurut Marriage, pada umumnya pria punya banyak alasan untuk terlibat dalam perselingkuhan. Seorang psikolog bernama Dr. Tequilla Hales menemukan banyak kliennya yang menunjukkan ketidakdewasaan emosional sehingga terlibat dalam perselingkuhan.

Kurangnya kedewasaan emosional dan komitmen untuk mengatasi masalah-masalah dalam hubungan pernikahan menjadi alasan penyebab pria berselingkuh. Ketidakdewasaan membuat mereka terlibat dalam perselingkuhan yang berbahaya bagi hubungan, keluarga, dan dirinya sendiri.

Karena tidak berpikir panjang, banyak suami cenderung melakukan kecerobohan dan memutuskan berselingkuh dari istrinya.

Kepuasan Seksual tak Terpenuhi

Dibanding wanita, pria lebih memiliki kemungkinan selingkuh karena alasan seksual. Hal ini dikarenakan pria lebih menunjukkan rasa cintanya melalui tindakan fisik. Maka dari itu, seks menjadi aktivitas penting untuk menunjukkan keintiman.

Insecure

Pria bisa saja merasa tidak percaya diri seolah dirinya terlalu tua, terlalu muda, tidak cukup tampan, tidak cukup kaya, atau tidak cukup pintar. Namun, sayangnya untuk meningkatkan kepercayaan diri pria terkadang mencari validasi dari wanita selain pasangannya untuk merasa diinginkan, dibutuhkan, dan layak.

Meskipun kondisi rumah tangga sedang kacau dan tidak baik-baik saja, mendapatkan perhatian dari orang baru justru menimbulkan perselingkuhan.

Merasa Tertekan atau Cemas

Setiap orang tentu pernah mengalami perasaan tertekan atau kecemasan hingga tingkat tertentu. Masalahnya adalah apakah pikiran itu berasal dari hubungan atau tidak.

Ketika hubungan sedang tidak baik-baik saja, pria memiliki kemungkinan akan merasa kesepian, dikekang dengan beberapa cara, atau marah dengan pasangannya.

Namun, Laurel Steinberg, terapis asal New York mengungkapkan bahwa selingkuh bukan jalan terbaik untuk pria. Pasalnya, selingkuh malah membawa beban baru karena akan memperburuk kecemasan dan depresi.

Hidung Belang

Pria hidung belang memang tidak takut dengan konsekuensi perselingkuhan. Orang semacam ini kemungkinan besar terus berselingkuh meskipun sudah tertangkap tangan.

Tak hanya itu, faktor yang mendorong pria selingkuh adalah kedekatan dan keterbukaannya dengan wanita lain. Pria memiliki kecenderungan berselingkuh ketika sering menghabiskan waktu dengan wanita lain secara berulang kali.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan pria yang memiliki komitmen karena mereka tidak ingin masuk ke situasi yang berisiko terjadi perselingkuhan.

Ingin Bebas

Direktur Laboratorium Peningkatan Kesehatan Seksual University of Kentucky, Kristen Mark mengatakan bahwa salah satu penyebab pria berselingkuh karena adanya dorongan untuk perubahan.

Dorongan seperti itu diperlukan bagi sebagian orang agar keluar dari hubungan yang mereka rasa sulit untuk dilepaskan.

Rumah tangga dan hubungan asmara memang bukan perkara sederhana. Terlebih, banyak alasan yang berisiko membuat pria selingkuh.

Namun, saling komunikasi, mengekspresikan kebutuhan satu sama lain, belajar memaafkan, hingga berkomitmen bisa menjadi sabuk pengaman untuk mempererat hubungan dengan pasangan.

Lantas, bagaimana cara menjaga hubungan asmara atau rumah tangga dari perselingkuhan?

Temukan informasi lengkapnya dalam siniar Obrolan Meja Makan episode “Ayah Pacaran dengan ART” di Spotify dengan tautan akses dik.si/OMMAyah.

Di sana, ada banyak informasi menarik seputar dunia parenting dan hubungan yang tak boleh kamu lewatkan. Tunggu apalagi? Ikuti siniarnya sekarang juga dan akses playlist-nya di YouTube Medio by KG Media agar kalian tak tertinggal tiap episode terbarunya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/02/195546420/mengapa-pria-memiliki-kecenderungan-selingkuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke