Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Kaya? Ini 5 Kebiasaan Para Miliarder yang Bisa Ditiru

Jadi, bagi mereka yang ingin sukses secara finansial, masuk akal untuk belajar dari para miliarder.

Perencana Keuangan Bersertifikat Tom Corley mengaku mengenal 233 jutawan, dengan kekayaan bersih rata-rata 4,3 juta dollar AS.

Corley laku melakukan penelitian terhadap mereka selama lima tahun.

Dari riset tersebut, dia menemukan bahwa ada beberapa perilaku dan kebiasaan yang sama, yang dimiliki/dijalani oleh orang-orang sukses itu.

Nah, jika kita ingin memperbaiki situasi keuangan, ada baiknya menyimak kebiasaan para orang sukses di bawah ini.

1. Merawat diri

Kebiasaan pertama ini tidak secara langsung berkaitan dengan keuangan, tapi tetap penting.

Orang kaya tidak mengabaikan kesehatan mereka. Meskipun mereka memiliki banyak hal yang harus dikelola, mereka memastikan untuk mengikuti rutinitas olahraga dan tidur yang sehat.

Dari para miliarder dalam penelitian Corley, 76 persen mengaku berolahraga setidaknya 30 menit per hari, empat hari per minggu.

Bahkan, banyak dari mereka (kira-kira 63 persen) mengaku melakukan olahraga kompetitif.

Lalu, terlepas dari stereotip orang sukses yang bekerja sepanjang waktu dan hampir tidak memiliki waktu untuk tidur, 93 persen miliarder dalam riset ini mengaku tidur setidaknya tujuh jam per malam.

Kebiasaan seperti ini bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Hal ini membuat kita menjadi lebih produktif sepanjang hari dan mengurangi risiko gangguan kesehatan.

2. Mengotomatiskan tabungan

Sebagian besar orang kaya menyadari pentingnya menabung, dengan 88 persen responden merasa hal ini sangat penting bagi kesuksesan mereka.

Corley juga menemukan, hampir setengah dari respondennya itu termasuk dalam kategori "saver-investor". Artinya, mereka membangun kekayaan melalui rutinitas menabung dan berinvestasi.

Setiap responden dalama riset ini mengambil langkah ekstra untuk mengotomatiskan tabungan. Mereka selalu menabung setidaknya 20 persen dari gaji.

Semua investor melakukan hal ini. Di antara mereka yang menabung 20 persen dari setiap gaji, biasanya dibagi rata antara rekening pensiun yang disponsori perusahaan, dan rekening tabungan.

Pilihan investasi paling populer yang digunakan para jutawan untuk membangun kekayaan adalah saham individu dan reksa dana.

Hal ini masuk akal, mengingat pasar saham cukup dapat diandalkan dalam jangka waktu yang lama.

Rata-rata imbal hasil pasar saham adalah sekitar 10 persen per tahun untuk S&P 500, yang melacak kinerja 500 perusahaan AS terbesar yang diperdagangkan secara publik.

Ketika para jutawan mendekati masa pensiun, mereka lebih fokus pada pelestarian kekayaan.

Untuk itu, mereka mengalihkan sebagian alokasi aset dari saham ke investasi yang lebih konservatif, seperti obligasi.

Namun kebanyakan dari mereka sangat berhati-hati dalam membelanjakan uang mereka.

Lagipula, menjadi jutawan biasanya merupakan proses yang panjang. Sebagian besar dari mereka membutuhkan waktu lebih dari 20 tahun, dan para saver-investor membutuhkan waktu rata-rata 32 tahun.

Satu-satunya cara untuk menabung dan berinvestasi secara konsisten selama itu adalah dengan mengelola pengeluaran dengan baik.

Berikut adalah beberapa contoh yang ditemukan Corley mengenai perilaku hemat dari para respondennya.

  • 96 persen mengaku menghabiskan kurang dari 6.000 dollar AS per tahun untuk liburan
  • 64 persen menggambarkan rumah mereka sebagai rumah sederhana
  • 55 persen membeli mobil bekas

5. Sangat produktif

Rutinitas di sepanjang hari bukanlah hal yang biasa bagi para orang-orang sukses ini.

Mereka bekerja lebih dari rata-rata, dengan 73 persen responden mengaku bekerja rata-rata 58 jam per minggu.

Namun, 86 persen mengaku menikmati apa yang mereka lakukan, yang tentu saja rasa ini membantu saat bekerja berjam-jam di sepanjang hari.

Mereka juga mengatur jadwal dengan baik dan menghindari aktivitas yang membuang-buang waktu.

Sebanyak 81 persen responden mengaku memiliki daftar tugas, dan 24 persen juga memiliki daftar kegiatan yang tidak boleh dilakukan untuk menghindari pemborosan waktu.

Fokus pada produktivitas itu membuahkan hasil.

Para jutawan yang diajak bicara oleh Corley menghasilkan setidaknya 160.000 dollar AS per tahun, yang setengahnya menghasilkan hampir 500.000 dollar AS.

Hal yang perlu diingat tentang para miliarder ini adalah kebanyakan dari mereka adalah orang biasa, sama seperti orang lain.

Kebiasaan merekalah yang membuat mereka sukses, termasuk bagaimana mereka mengelola keuangan dan kehidupan mereka secara keseluruhan.

Jika kita mengadopsi kebiasaan-kebiasaan tersebut dalam kehidupan kita sendiri, ide dari mereka tentu bisa sangat membantu dalam mencapai tujuan keuangan kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/24/180952020/ingin-kaya-ini-5-kebiasaan-para-miliarder-yang-bisa-ditiru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke