Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jawab Kebutuhan Seniman, Gedung Pertunjukan Radjawali Semarang Cultural Center Diresmikan

SEMARANG, KOMPAS.com - Terbatasnya jumlah gedung pertunjukan yang berkualitas menjadi alasan mengapa pertunjukan seni, termasuk juga konser musik di Semarang jarang diselenggarakan.

Hal tersebut diungkapkan Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sulistyo, S.Pd., MM.

“Kalau ada acara musik, itu kota Semarang pasti dilewatkan, karena kita enggak punya gedung pertunjukan yang mumpuni,” ujarnya dalam acara pembukaan gedung Radjawali Semarang Center (15/5/23).

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, saat ini telah hadir gedung pertunjukan baru yaitu Gedung Radjawali Semarang Cultural Center yang baru diresmikan bersamaan dengan ulang tahun Semarang ke-476 pekan lalu.

Memiliki kualitas yang baik untuk sebuah pertunjukan, Gedung Radjawali Semarang Cultural Center (RSCC) diharapkan bisa menjadi wadah pagelaran pertunjukan kelas nasional maupun internasional. Berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean Kota Semarang, arsitektur gedung ini juga menonjolkan keragaman seni budaya Indonesia.

“Saya berharap Radjawali SCC tidak hanya menampilkan karya pekerja seni lokal, tetapi juga dapat mendatangkan pertunjukan berkualitas baik tingkat nasional maupun dunia,” ucap Sulistyo.

General Manager Radjawali SCC Handrijana Hardha menjelaskan, gedung ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti Performance Hall yang memiliki panggung ukuran 16 x 7 meter lengkap dengan LED Videotron P4 berukuran 12 x 6 meter dengan kapasitas kursi untuk 286 penonton, akustik, ruang FOH serta sound engineering, color changing lighting, dan operator multimedia.

“Semoga kiprah Radjawali SCC bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain baik di Jawa Tengah dan wilayah lain di Indonesia dalam menumbuhkan antusiasme dan kreativitas seni anak bangsa,” tuturnya.

Acara peresmian RSCC dihadiri oleh beberapa seniman terkemuka, di antaranya penyanyi Andien Aisyah, Endah Laras, hingga Alfa Bintang Orchestra.

Kepada awak media, Andien menyampaikan kesan saat pertama kali melakukan pertunjukan di RSCC.

“Sejauh pengalamanku di atas panggung tadi, sound-nya enak, jadi akustiknya dapet banget,” tutur Andien.

Tak hanya di Semarang, Andien juga berharap gedung pertunjukan dengan fasilitas lengkap dan nyaman akan banyak dibangun di daerah lain.

“Di luar Jabodetabek enggak banyak yang punya gedung pertunjukan sebagus ini. Kadang cuma di hall atau ballroom yang soundnya harus nyewa paling mahal. Makanya aku harap performance hall ini akan banyak di seluruh Indonesia,” jelas penyanyi sekaligus penulis lagu ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/25/124702820/jawab-kebutuhan-seniman-gedung-pertunjukan-radjawali-semarang-cultural

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke