Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penunjuk Waktu Anyar Bell & Ross, Hormati Skuadron Akrobatik Perancis

KOMPAS.com - Di industri horologi, Bell & Ross dikenal memiliki sejarah panjang dalam menciptakan penunjuk waktu yang terinspirasi dari dunia militer.

Sejak didirikan pada 1992, manufaktur jam Paris, Perancis itu sudah membuat banyak jam tangan untuk pasukan khusus, skuadron, astronot, French Naval Air Force, serta pasukan elit seperti GIGN dan RAID.

Pada 2021, setelah merilis beberapa koleksi yang ditujukan untuk "sipil", merek ini kembali ke akarnya melalui kolaborasi dengan Patrouille de France.

Demi merayakan ulang tahun ke-70 unit skuadron aerobatik Perancis itu, lahirlah edisi terbatas BR 03-92 Patrouille de France.

"Bersama Patrouille de France, Bell & Ross mengadopsi nilai-nilai unit Angkatan Udara dan Antariksa Perancis, serta menjadi duta aeronautika militer Prancis," ujar co-founder Bell & Ross Carlos Rosillo dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

"BR 03-92 PAF 70th Anniversary mengabadikan momen istimewa ini dengan jam tangan unik, hasil dari sejarah gemilang antara Bell & Ross dan aviasi militer."

Sekilas mengenai Patrouille de France

Skuadron ini berada di bawah kendali Angkatan Udara dan Antariksa Prancis (Armee de l'Air et de l'Espace), dan dianggap sebagai yang tertua dan terbaik di dunia.

Tugas skuadron tersebut adalah melakukan pertunjukan udara akrobatik presisi, termasuk pembukaan parade militer Bastille Day di Paris.

Patrouille de France terdiri dari 9 pilot dan 35 mekanik yang bertanggung jawab untuk menjaga dan memperbaiki 12 pesawat Alphajet yang digunakan skuadron tersebut.

Hubungan "intim" Bell & Ross dengan Patrouille de France

"Sejak 2021, Angkatan Udara dan Antariksa Prancis serta Bell & Ross telah membangun kemitraan yang didasarkan pada kepercayaan dan merek Patrouille de France," tutur Kolonel Malard, Direktur SIRPA Air and Space.

"Angkatan Udara dan Antariksa Prancis dengan bangga merayakan bersama Bell & Ross ulang tahun ke-70 Patrouille de France melalui pencapaian terbaru dalam pembuatan jam tangan, buah dari semangat bersama kita."

Kini, model edisi khusus ketiga yang diciptakan untuk merayakan tujuh dekade Patrouille de France menggabungkan kode tradisional Bell & Ross dengan warna Perancis yang mencolok dan elemen desain unik.

Jam tangan ini menggunakan basis dari BR 03-92, model paling klasik dari Bell & Ross.

BR 03-92 Patrouille de France memiliki cangkang persegi dengan lingkaran di dalamnya serta empat sekrup yang terinspirasi dari instrumen dasbor vintage.

Cangkang keramik matte yang diberi perawatan microblasted itu berdimensi 42 x 42 milimeter, dengan ketebalan 10,4 milimeter.

Kemudian, bagian belakang dihiasi siluet dari lima pesawat yang digunakan Patrouille de France sejak dibentuk di tahun 1953, yakni Thunderjet, Ouragan, Mystere IV, Fouga Magister, dan Alpha Jet.

Dial BR 03-92 Patrouille de France diberi warna biru terang, menggambarkan warna Bleu France pada pesawat Alpha Jet dari Patrouille de France.

Angka Arabic besar dan penanda jam dikelir putih, dan dilapisi material luminasi agar dapat menyala dalam gelap. Jarum jam dan menit juga dibuat besar dengan lapisan material SLN.

Lambang Patrouille de France terpampang di arah jam 9, diikuti logo perayaan 70 tahun di arah jam 3 dan logo pembuat jam di arah jam 12.

Sedangkan, jendela penunjuk tanggal kecil diletakkan di antara penanda jam 4 dan jam 5.

Jam tangan ini ditenagai mesin otomatis BR-CAL.302 yang berdetak dalam frekuensi 28.800 vph dan menawarkan cadangan daya 38 jam.

Tersedia dua versi tali untuk BR 03-92 Patrouille de France ini, yaitu tali kulit biru dengan jahitan serasi dan gesper berlapis baja PVD, atau tali kanvas sintetis hitam.

Dibuat terbatas hanya 999 unit, Bell & Ross BR 03-92 Patrouille de France 70th Anniversary kini dapat dipesan melalui situs web perusahaan.

Pengiriman untuk jam tangan ini dijadwalkan pada Juli mendatang. Harga yang ditetapkan sekitar Rp 68 juta.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/26/051511120/penunjuk-waktu-anyar-bell-ross-hormati-skuadron-akrobatik-perancis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke