Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daikin Gelar Kompetisi Desain, Mahasiswa dan Profesional Bisa Ikutan

 

KOMPAS.com - Produsen AC (air conditioner) kenamaan, Daikin (PT Daikin Airconditioning Indonesia), kembali menggelar Daikin Proshop Designer Awards 2023.

Acara ini merupakan kompetisi desain hunian yang bisa diikuti secara umum dengan skala nasional.

Pada penyelenggaraan yang ketiga kalinya ini, tema "RE:IMAGINE" menjadi satu highlight yang diterapkan guna menantang kreativitas para peserta untuk memadukan kenyamanan tata udara dan dekorasi keseluruhan interior sebagai satu kesatuan yang harmonis.

Tahun ini pun terdapat enam kategori kompetisi yang digelar, mulai dari kategori mahasiswa dan profesional, karya arsitektur dan desain interior yang telah selesai dibangun hingga desain konseptual dengan mengaplikasikan AC Home Central dari merek tersebut.

Kemudian ada pula penambahan kategori khusus tata rancang bangunan komersial Food & Beverages (F&B) dari yang sebelumnya lebih fokus pada hunian.

Pendaftaran untuk kompetisi ini pun mulai dibuka pada 1 hingga 30 Juni 2023.

“Tema tahun ini sesuai dengan semangat yang dibawanya, yaitu mengokohkan posisi kompetisi ini sebagai wadah lahirnya karya-karya arsitektur dan desain interior yang hadir dari proses mengimajinasikan kembali,"

"Faktor kenyamanan tata udara dan dekor keseluruhan interior digagas sebagai kesatuan yang padu dalam estetika sebuah ruang,” ujar Ching Khim Huat selaku Presiden Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia dalam konferensi persnya, di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Demi mempertahankan kualitasnya sebagai ajang tahunan bagi komunitas arsitektur dan desain interior, Daikin berkolaborasi dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta.

Selain itu, kehadiran nama besar dalam bidang arsitektur dan desain interior yang didapuk menjadi bagian dari dewan juri mendampingi penilai dari Daikin juga akan makin meningkatkan gengsi dari penghargaan ini.

Mereka di antaranya adalah Tan Tik Lam yang dikenal sebagai arsitek kenamaan dengan sejumlah penghargaan dari dalam dan luar negeri dan akan bertindak sebagai salah satu dewan juri untuk kategori finished project.

Sementara di kategori konseptual, Alex Bayusaputro yang dikenal sebagai salah satu nama besar dalam dunia desainer interior Indonesia juga dipilih sebagai salah satu dewan juri.

Disamping tokoh besar arsitek dan desainer interior tersebut, ada pula selebritas Tanah Air yang akan mewakili pandangan dari generasi milenial, yaitu Sarwendah.

Istri dari presenter Ruben Onsu ini akan menjadi juri khusus bagi dua kategori yaitu karya konseptual desain interior bagi hunian dan bangunan komersial F&B pilihan Sarwendah.

Karya yang dipertandingkan dalam kategori khusus ini akan dibuat berdasarkan kebutuhan pada properti milik Sarwendah.

Dalam hal ini, sebagai seorang figur publik dan juga ibu dari tiga orang anak, tentu Sarwendah memiliki preferensi tentang hunian idaman.

"Sebagai seorang ibu tentunya saya memiliki preferensi desain rumah yang simpel dan klasik gitu. Seperti tidak terlalu berat tapi tidak terlalu modern juga karena terlalu plain,"

"Dalam sebuah hunian saya juga memprioritaskan kenyamanan anak-anak dan juga keluarga," kata Sarwendah. 

Kehadiran Sarwendah sebagai juri tamu pun diharapkan bisa memberikan pandangan baru terkait desain interior hunian yang layak bagi keluarga.

"Peran Sarwendah sendiri sebagai juri diharapkan bisa memposisikan para peserta untuk berkreasi dan mengimajinasikan ketika mendapatkan klien seperti seorang Sarwendah,"

Demikian kata Selvi Ani Yongnata, Sales Manager Daikin Proshop PT. Daikin Airconditioning Indonesia di kesempatan yang sama.

Sebagai sebuah agenda besar tahunan, Daikin Designer Award lahir dari gagasan awal untuk membuka ruang bagi para pegiat arsitektur dan desain interior agar dapat berbagi visi yang sama tentang hunian ideal.

Tak hanya mementingkan aspek estetika saja, tapi juga dilengkapi dengan solusi tata udara sebagai pendukung kenyamanan dan kesehatan yang harmoni dengan keseluruhan dekor interior ruang.

Penjurian langsung kompetisi desain hunian ini akan berlangsung pada akhir Oktober 2023 dan diselenggarakan secara hybrid yaitu offline dan online.

Kompetisi ini terbuka untuk umum dan bisa diikuti siapapun yang memiliki bakat, imajinasi serta kreativitas terkait desain sebuah hunian, termasuk mahasiswa hingga profesional di bidang ini. 

Nantinya akan terpilih 16 pemenang dari kompetisi tersebut. Sementara itu, pemberian penghargaan kepada para pemenang akan dilakukan pada malam apresiasi Daikin Designer Awards 2023 yang akan dihelat pada 24 November mendatang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/26/193709420/daikin-gelar-kompetisi-desain-mahasiswa-dan-profesional-bisa-ikutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke