Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main "Gadget" Sebelum Tidur Memperburuk Kualitas Tidur Anak

Kompas.com - 02/11/2016, 20:37 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Penemuan yang dipublikasikan secara online oleh JAMA Pediatrics mengungkap, anak-anak yang bermain smartphone atau tablet sebelum tidur, dua kali lebih mungkin untuk memiliki tidur malam yang buruk.

Para ahli dari King College London melakukan studi yang melibatkan 125.198 remaja dengan usia rata-rata 14,5 tahun. Mereka menemukan, 7 dari 10 anak, setidaknya memainkan satu gadget selama 90 menit sebelum tidur.

Kebiasaan tersebut dinilai berdampak buruk pada tumbuh kembang remaja, sebab peneliti menemukan adanya "hubungan yang erat" antara menggunakan ponsel dan tablet sebelum tidur dengan waktu tidur yang tidak memadai serta kualitas tidur yang buruk.

Tidak mendapatkan cukup tidur pada remaja, dapat meningkatkan risiko obesitas, waktu penyembuhan infeksi atau penyakit yang lebih lama, juga dikaitkan dengan masalah kesehatan mental.

Penulis utama studi, Dr Ben Carter dari King College London, mengatakan, "Penelitian kami menyediakan bukti lebih lanjut tentang efek yang merugikan dari penggunaan gadget sebelum tidur, yaitu dari sisi durasi tidur maupun kualitas.

“Tidur sendiri sering kali dianggap bukan persoalan penting, padahal tidur merupakan bagian penting dari perkembangan anak. Dengan kurangnya tidur, dapat memicu berbagai masalah kesehatan.”

Dengan meningkatnya popularitas gadget sebagai pengganti buku teks, masalah kurang tidur di kalangan anak-anak cenderung lebih banyak dan buruk.

"Temuan kami menunjukkan bahwa pendekatan terpadu yang melibatkan orangtua, guru, dan profesional kesehatan perlu untuk mengurangi akses anak-anak ke perangkat ini dan mendorong kebiasaan tidur yang lebih baik."

Diperkirakan bahwa perangkat media berbasis layar dapat memengaruhi tidur anak-anak melalui berbagai cara, termasuk menunda atau mengganggu waktu tidur, memengaruhi siklus tidur, hingga mengurangi kewaspadaan.

Untuk itu, orangtua diminta untuk membatasi penggunaan gadget pada anak, terlebih saat mendekati waktu tidur. Dengan kata lain, pastikan 90 menit yang dimiliki anak sebelum tidur tidak “tersentuh” oleh gadget.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com