Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2017, 21:18 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Cara sederhana ini dapat membantu Anda mengurangi asupan garam tanpa mengorbankan rasa makanan.

Asupan garam yang direkomendasikan per orang per hari ialah 2000 miligram atau sekitar 1 sendok teh. Tapi, kebanyakan orang mengkonsumsi jauh lebih banyak setiap hari.

Dalam jumlah sedikit, garam dibutuhkan untuk mengatur kandungan air dalam tubuh. Jika berlebihan, garam justru dapat menyebabkan hipertensi hingga stroke. Tetapi, bagaimana rasa makanan jika hanya menggunakan sedikit garam?

The American Heart Association merekomendasikan untuk memasak dengan jeruk, cuka, atau rempah-rempah lain untuk mengurangi jumlah garam yang dibutuhkan sebagai penyedap rasa.

Namun Sunkist Growers dan peneliti dari Johnson & Wales University di Providence, Rhode Island, menemukan kunci untuk mengurangi kandungan garam dalam masakan rumah bisa sesederhana menambahkan air lemon atau potonganlemon dalam hidangan.

Peneliti meminta koki untuk membuat resep menggunakan ayam, ikan, daging sapi, sayuran, sup, salad, dan biji-bijian.

Mereka mengontrol jumlah natrium dalam makan dengan menggunakan 30 persen lebih sedikit garam, 50 persen lebih sedikit garam, 75 persen lebih sedikit garam, dan tidak ada garam, lalu menambahkan jumlah yang bervariasi dari air lemon atau lemon untuk setiap hidangan.

Ternyata, konsumen lebih memilih hidangan dengan pengurangan garam 75 persen ketika makan sayuran, pengurangan 50 persen untuk hidangan ikan, dan salad dressing, serta pengurangan 30 persen untuk hidangan ayam, daging sapi, biji-bijian, dan sup.

"Hasil penelitian ini menunjukkan, menghubungkan rasa dan kesehatan kadang tidak perlu dibuat sulit," kata global Master Chef Karl Guggenmos, WACS, AAC, dari Johnson & Wales dalam sebuah pernyataan.

Mengurangi asupan garam Anda dapat menjaga tekanan darah Anda, kesehatan jantung secara keseluruhan, dan berat badan ideal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com