Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2017, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Usus kita memang sensitif. Segala hal, mulai dari stres sampai makanan yang tidak cocok bisa membuat gejala sakit perut.

Kabar baiknya, pada sebagian besar kasus sakit perut, bahkan yang membuat kita diare, bukanlah hal yang serius. Jika gangguan perut itu hanya berlangsung satu atau dua hari, biasanya tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Terlebih lagi jika Anda sedang stres, baru pulang dari bepergian, atau mulai mengonsumsi obat baru, maka gangguan pada saluran cerna adalah hal yang "normal" terjadi.

"Tapi bukan berarti sakit perut perlu diabaikan, meski kemungkinan besar tidak perlu ditakutkan," kata Eric Esrailian, pakar kesehatan pencernaan dari UCLA Geffen School of Medicine.

Ada beberapa gejala gangguan pencernaan yang sebaiknya tidak dianggap sepele karena memerlukan pemeriksaan dokter segera.

- Berlangsung lama
Perhatikan apakah perubahan kondisi perut itu berlangsung lama atau tidak, apakah itu perut terasa bergas, sakit, atau gerakan usus yang tidak normal.

"Bila sebelumnya Anda merasa baik-baik saja dan merasa gangguan perut terjadi lebih beberapa hari, periksakan ke dokter," kata Esrailian.

- Nyeri perut
Sakit perut yang berlangsung lebih dari dua hari, apalagi disertai gejala lain, seperti berat badan turun, sulit menelan, atau ada darah di feses, jangan dibiarkan. Kondisi gangguan pencernaan itu bisa menunjukan gejala penyakit, mulai dari wasir sampai kanker.

- Sakit di tempat yang sama
Waspadai rasa sakit pada perut yang terjadi di lokasi yang sama setiap hari atau setiap beberapa hari, apalagi jika rasa sakitnya bertambah berat, periksakan ke dokter.

- Mengganggu tidur
Apakah rasa tidak nyaman di perut langsung muncul ketika Anda berbaring di tempat tidur? Kemungkinan itu gejala refluks atau naiknya asam lambung. Untuk memastikannya, periksakan ke dokter.

- Ada faktor risiko
Merokok meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, bukan cuma kanker paru. Karena itu, jika Anda seorang perokok maka risiko terkena berbagai penyakit meningkat. Demikian juga halnya bila ada riwayat penyakit kanker atau gangguan pencernaan di keluarga. Jangan abaikan gangguan pada perut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com