Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2017, 22:12 WIB

KOMPAS.com - Menjalani pola hidup sehat tak cukup hanya dengan menghindari makan gorengan atau mengganti nasi putih dengan nasi merah, tapi harus memasukkan buah dan sayur dalam menu sehari-hari.

Ahli gizi Jansen Ongko, Msc, RD mengungkapkan makan buah dan sayur dengan beragam warna sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, buah dan sayuran mengandung fitonutrisi atau fitokimia yang tidak didapat dari bahan pangan lainnya.

“Fitonutrisi kaya antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan berbagai senyawa yang dibutuhkan tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menstabilkan kolesterol darah, meningatkan kekebalan tubuh, dan mencegah mutasi sel kanker,” jelasnya dalam acara Konferensi Pers: PT Sewu Segar Nusantara dan PT Nusantara Tropical Farm Mengukuhkan Komitmen akan Keamanan Pangan Buah Nusantara Bermerek Sunpride Berstandar Internasional di Cassis Kitchen, Jakarta (6/3).

Fitonutrisi yang terkandung dalam masing-masing buah dan sayur berbeda-beda. Itulah yang membuat ada buah berwarna merah, oranye, putih, ungu, hingga sayuran hijau.

Masing-masing warna pun memiliki manfaat berbeda. Karena itu, jangan konsumsi buah atau sayur hanya satu jenis atau satu warna saja.

Jansen menambahkan, konsumsi buah bisa dilakukan kapanpun, baik sebelum makan ataupun setelah makan.

“Dikonsumsi dalam bentuk apa saja juga baik, entah mau dinikmati dalam bentuk buah potong atau dalam bentuk jus,” ujarnya

Yang bisa membuat konsumsi buah dan sayur menjadi tak efektif adalah proses pemanasan. “Buah dan sayur yang dipanaskan, kandungan vitamin dan fitonutriennya akan rusak. Meski tetap mengandung serat, konsumsi buah dan sayur fresh lebih baik,” imbuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com