Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2017, 09:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber dr oz

KOMPAS.com- Kebanyakan orang tak mencuci alpukat sebelum mengonsumsinya. Padahal, bisa berisiko keracunan makanan akibat bakteri dan pestisida.

Anda mungkin tidak berpikir bahwa buah dengan kulit keras perlu untuk dicuci, tapi kini Anda perlu melakukannya. Apalagi jika alpukat untuk dikonsumsi anak-anak.

Alpukat memang memiliki kulit tebal dan keras. Bahan kimia berbahaya seperti pestisida umumnya tidak akan menembus ke permukaan daging buah.

Sayangnya, kulit alpukat yang bergelombang dapat membuat pestisida dan bakteri terperangkap. Sehingga saat Anda memotong dengan pisau tanpa dicuci terlebih dahulu, pisau dapat menarik unsur-unsur berbahaya tadi ke dalam daging buah.

Institut Pertanian dan Sumber Daya Alam di Universitas Nebraska-Lincoln, dalam panduan untuk mengupas dan memotong alpukat, merekomendasikan untuk mencuci alpukat secara menyeluruh sebelum dipotong.

Mencuci buah alpukat sangat sederhana. Cukup gunakan air dingin atau hangat dan gosok permukaan kulit buah dengan spons lembut. Dan tentu saja, selalu mencuci tangan sebelum Anda memotong dan mengolahnya.

Dan jika Anda ingin menyimpan alpukat segar yang telah dipotong, simpanlah dalam wadah tertutup bersama irisan bawang agar daging buah tetap segar dan tak menghitam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com