Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balada Mesin Penyambung Napas

Kompas.com - 15/01/2008, 16:11 WIB

Belakangan ini ventilator atau alat bantu pernapasan sering disebut-sebut media massa. Hal itu terkait dengan kondisi kesehatan mantan Presiden Soeharto. Apa sebenarnya fungsi alat ini dan sejauh mana kemampuannya dalam membantu mempertahankan hidup seseorang?

Menurut konsultan intensive care dari SMF Anestesi dan Reanimasi Rumah Sakit Persahabatan, dr Admar Anwar SpAn KIC, ventilator atau respirator adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk membantu pernapasan pasien yang mengalami gagal napas.

"Paru-paru berfungsi dalam pertukaran gas, yaitu mengambil oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Jika fungsi pertukaran gas tidak mampu dilakukan paru atau pasien mengalami gagal napas, tubuh terancam tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan sel-sel tubuh untuk tetap hidup sehingga pasien bisa meninggal," ujar Admar.

Fungsi pertukaran gas dalam paru-paru dilakukan oleh alveoli, yaitu kantong-kantong kecil yang dikelilingi pembuluh kapiler berisi darah. Dalam alveoli, oksigen berdifusi ke dalam darah untuk dibawa hemoglobin ke seluruh tubuh. Jika paru-paru tidak mampu melakukan pertukaran gas secara spontan, perlu dibantu ventilator.

Menurut Admar, ventilator dipasang ke tubuh pasien dengan bantuan endotracheal tube (pipa yang dipasang ke tenggorokan lewat mulut atau hidung). Bisa juga lewat pipa yang dimasukkan dengan melubangi tenggorokan (tracheostomy tube).

Ventilator membantu memompakan oksigen ke dalam paru-paru. Oksigen yang dipompakan berkisar 30 hingga 100 persen. Pasien yang mengalami gagal napas diberikan oksigen 100 persen, kemudian dikurangi secara bertahap seiring perbaikan fungsi paru-paru. Hal itu dilakukan dengan melihat hasil analisis gas darah serta kondisi klinis pasien.

Analisis gas darah pada kondisi normal adalah karbon dioksida (CO>sub<2>res<>res<) 40 mmHg, tekanan oksigen dalam pembuluh darah arteri (PaO>sub<2>res<>res<) 90-100 mmHg, dan tingkat keasaman darah (pH) 7,4. Pemberian oksigen ditujukan untuk mencapai kondisi normal tersebut.

Kondisi klinis yang dimaksud ialah tekanan darah sudah normal sekitar 120/80 mmHg atau sesuai kondisi pasien, suhu badan dan kadar leukosit normal, serta saturasi oksigen 95 persen.

Dalam situs The Ohio State University Medical Center disebutkan, ventilator memiliki sistem alarm yang memberi tanda kepada paramedis untuk mengubah pemberian oksigen, laju napas, tekanan, atau suhu.

Umumnya ventilator terdiri dari wadah udara yang bisa dimampatkan, air untuk memberi kelembaban udara, pasokan udara dan oksigen, satu set pipa dan katup pengatur, penyaring, serta pipa endotracheal sekali pakai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com