Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Akisino dan Putri Kiko Akan Kunjungi RS PMI Bogor

Kompas.com - 18/01/2008, 22:01 WIB

JAKARTA, JUMAT - Pangeran Akisino dan Putri Kiko dari Jepang dijadwalkan akan mengunjungi Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (PMI) Bogor pada Senin (21/1).

Keterangan pers dari PMI yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat (18/1), menyatakan kunjungan tersebut merupakan satu dari beberapa rangkaian acara kunjungan kenegaraan dalam rangka peringatan 50 tahun hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

Dalam sejarahnya, RS PMI Bogor merupakan salah satu rumah sakit yang pernah dikelola oleh Palang Merah Jepang selama pendudukan Jepang di Indonesia.

Sejak 2005 Palang Merah Indonesia menjalin kerja sama dengan Palang Merah Jepang dalam bentuk JRCS (Japan Red Cross Society)- Bogor PMI Hospital Assistant Programme.

Bentuk konkret dari kerja sama ini adalah bantuan peralatan medis untuk meningkatkan kapasitas pelayanan gawat darurat, intensive care dan neonatal intensive care unit (NICU), serta pengiriman tenaga medis perawat dan dokter untuk berbagi informasi dan pengalaman. Nilai kerjasama antara Palang Merah Jepang dan RS PMI Bogor ini mencapai 254.597 dolar AS.

Kedatangan para delegasi Jepang akan diterima oleh Ketua Umum PMI, Mar'ie Muhammad, dan Direktur RS PMI Bogor, Dr. H. Andi Wisnubaroto, SpOT, FICS.

Kunjungan tersebut difokuskan untuk melihat langsung hasil kerja sama JRCS-Bogor PMI Hospital Assistant Programme,yaitu upaya peningkatan kapasitas pelayanan neonatal intensive care di Ruang NICU Alamanda yang merupakan tempat perawatan bayi sakit.

Selama berada di Ruang NICU Alamanda, para delegasi dapat melihat langsung pelayanan perawatan intensif pada bayi sakit. Selain mendapatkan penjelasan dari tim medis di ruang tersebut, para delegasi juga akan bertemu Makiko Hayakawa, perawat asal Jepang telah berada di RS PMI Bogor selama dua bulan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com