Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaisar Akihito Kirim Pesan ke Presiden Yudhoyono

Kompas.com - 19/01/2008, 20:23 WIB

JAKARTA, SABTU- Untuk menandai dan merayakan hubungan 50 tahun persahabatan Indonesia dan Jepang, Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko mengirim pesan khusus untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pesan khusus itu dibawa dan dibacakan Pangeran Akishino sesaat sebelum jamuan makan siang di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (19/1).

"Pesan Kaisar kepada Indonesia, pertama gembira karena hubungan Indonesia dan Jepang selama ini berjalan dengan baik dan berharap terus dilanjutkan. Untuk hubungan ke depan, Kaisar berharap yang terbaik," ujar juru bicara kepresidenan Dino Patti Djalal di Istana Merdeka.

Mengenai makna dan tanggapan Presiden Yudhoyono atas pesan itu secara khusus akan disampaikan dalam perayaan 50 tahun hubungan persahabatan di Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah, Minggu. "Yang jelas, Presiden sangat menghargai utusan Kaisar. Ini merupakan tanda penghargaan terhadap hubungan Indonesia dan Jepang yang telah berjalan selama ini," ujar Dino.

Dino mengemukakan, hubungan 50 tahun persahabatan Indonesia dan Jepang mengalami banyak pasang surut dan tantangan yang dihadapi. "Namun, dengan tantangan itu, hubungan kedua negara makin erat. Jepang adalah salah satu mitra strategis Indonesia. Jepang sangat penting di kawasan dan dalam dunia internasional," ujar Dino.

Dino mengemukakan, hubungan baik dan kokoh Indonesia dan Jepang akan membawa stabilitas kawasan menjadi baik dan kokoh.(INU)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com