Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rima Melati: Merokok Buat Saya Kena Kanker

Kompas.com - 04/02/2008, 10:19 WIB

JAKARTA, SENIN - Merokok. Itulah hal yang disesali oleh Rima Melati, artis kawakan yang selalu aktif dalam kampanye anti kanker di Indonesia. Merokok membuatnya merasakan penderitaan menyusul operasi yang dijalaninya 19 tahun lalu di Belanda.

"Ya, merokok membuat saya kena kanker. Oh, jangan salah. Saya dulu bisa habis rokok satu bungkus dalam satu hari. Kadang masih minta-minta sama teman. Oleh karena itu, saya sekarang ini sangat anti dengan rokok dan selalu mengampanyekannya," ujarnya saat ditemui pada peringatan hari kanker sedunia di Bundaran HI, Senin (4/1).

Tak tanggung-tanggung karena merokok, istri Frans Tumbuan ini mengidap kanker payudara stadium 3B. Beruntung bagi Rima yang dapat menjalani pengobatan di Belanda hingga sel kanker tak lagi bersarang di tubuhnya.

Mulai saat itu, dia tidak ingin anak cucunya merasakan penderitaan yang sama. "Tanpa merokok pun, kita sudah menghirup udara kotor. Contohnya tadi, saat membagikan bunga ke pengendara yang lewat, tiba-tiba ada bus dengan asap hitamnya. Wah, itu sumber penyakit," kata Rima. (BOB)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com