Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Tirta: Banyak Pembatik Tidak Tahu Sejarah Batik

Kompas.com - 18/03/2008, 21:40 WIB

JAKARTA, SELASA - Iwan Tirta prihatin banyak pembatik saat ini tidak mengerti sejarah dan filosofi batik. "Sekarang banyak pembatik yang tidak tahu sejarahnya. Kalau bicara tentang teknik membatik itu gampang.Bahkan orang Jepang bisa membuat batik lebih bagus, tapi masalah sejarah itu yang kosong-blong," kata Iwan saat menghadiri pagelaran koleksi kain batik era 1960-1980 yang diselenggarakan Himpunan Ratna Busana di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa, (18/3).

Menurut Iwan kurangnya pengetahuan sejarah tentang batik disebabkan rendahnya minat membaca. "Sekarang orang jarang mau buka-buka buku di perpustakaan," ujar perancang busana yang mulai berkarya tahun 1961 ini. Melihat hal ini, Iwang mengatakan ada kemungkinan ia akan membuat buku tentang batik. "Mungkin saya akan membuat buku," katanya.

Dalam pagelaran yang diselenggarakan Himpunan Ratna Busana ini, selain menampilkan koleksi batik Iwan Tirta, ditampilkan juga koleksi dari empat perancang busana lainnya yaitu KRT Hardjonegoro, Bintang Sudibyo, Setyowati, dan Nora Gunawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com