Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Camilan Sehat, Jangan Asal Enak

Kompas.com - 04/04/2008, 11:01 WIB

Tak ingin meninggalkan hobi ngemil tanpa khawatir tubuh melar? Makanya pilih camilan yang sehat, jangan asal enak.

Pada dasarnya camilan berguna untuk memberi gizi dan mengurangi rasa lapar saat menunggu waktu makan. Selain itu ngemil juga bermanfaat agar gula darah tidak turun.

Jadi sebenarnya sah-sah saja ngemil. Hanya sayangnya kebiasaan ngemil jadi berbahaya karena snack yang kita pilih umumnya berkalori tinggi. Misalnya saja keripik mengandung 100-250 kalori per bungkus, atau gorengan yang mengandung 150 kalori per potong. Bila camilan tersebut dikonsumsi terus-terusan akibatnya timbunan lemak di tubuh pun semakin banyak.

Ngemil di sela aktivitas merupakan salah satu hobi yang sulit ditinggalkan. Jika sudah begini Anda perlu memilih jenis camilan yang sehat. Camilan disebut sehat jika melengkapi kebutuhan kalori sehari setelah digabung dengan makanan besar.

Apa saja yang termasuk jenis camilan sehat? Banyak sekali. Buah, jus, biskuit rendah lemak, yogurt, atau snack yang dibuat sendiri, termasuk diantaranya. Saat ini di pasaran juga sudah beredar snack kedelai yang mengandung antioksidan dan isoflavon yang menyehatkan kulit. Nah, tunggu apa lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com