Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngeseks Tak Puas Tanda Jantungan?

Kompas.com - 14/04/2008, 19:09 WIB

PARA wanita yang selama ini merasa tidak puas dengan kehidupan seksual, jangan khawatir! Apa yang Anda alami tidak terkait dengan kondisi kesehatan secara umum, apalagi bila dikaitkan dengan kondisi jantung dan sirkulasi darah. Demikian sebuah analisa baru dari sebuah penelitian di Women's Health Initiative dibuat.

"Pada wanita, aspek khusus dari fungsi seksual ini, saat kepuasaan seksual menurun, tidak meramalkan adanya penyakit kardiovaskular," ujar Dr. Jennifer S. McCall-Hosenfeld, kepala peneliti.

Berbeda dengan yang disebut sebagai disfungsi ereksi. Pada pria, ini merupakan lampu merah bagi datangnya serangan jantung yang tidak terdiagnosa, catat McCall-Hosenfeld dari Boston University Medical Center dan koleganya di American Journal of Medicine. Mekanisme yang sama yang juga terjadi pada wanita dan pria adalah saat aliran darah ke pelvik tidak berlangsung dengan baik alias terhambat atau tersumbat. Ini menandai bahwa ada problem seksual dan terkait sekali dengan kondisi jantung seseorang.

Untuk meneliti, para ilmuwan ini menganalisa data dari 46.525 wanita usia antara 50 sampai 79 tahun yang aktif secara seksual. 77 persen mengatakan bahwa mereka mengalami kepuasan dalam aktivitas seksual yang selama ini mereka lakukan.

Selama lebih dari 7 hingga 8 tahun ditemukan bahwa tidak ada kaitan antara ketidakpuasan seksual dan risiko serangan jantung juga stroke, atau meningkatnya tekanan darah, diabetes, meningginya kolesterol, nyeri dada atau gagal jantung.

Meski begitu, para wanita yang melaporkan mengalami ketidakpuasan seksual meski sedikit jelas ada, menyatakan bahwa mereka mengalami penyakit arteri perifer atau sirkulasi yang tidak bagus pada pembuluh darah kaki. "Sulit diketahui apa yang menyebabnya dalam konteks yang lebih luas dari temuan negatif ini," jelas McCall-Hosenfeld.

Bagaimanapun juga, temuan ini memperjelas bahwa pengukuran aspek fungsi seksual pada wanita mungkin bukan merupakan penanda kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) yang tepat seperti yang dialami pria. "Jelas pria berbeda dengan wanita," ujar para peneliti. "Kemungkinan besar fungsi vaskular (pembuluh darah) tidak berperan besar atau secara langsung terkait dengan kepuasan seksual."

Source: American Journal of Medicine, April 2008

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com