Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Ke Dokter Kandungan

Kompas.com - 27/05/2008, 09:31 WIB

PEMERIKSAAN rutin selama kehamilan sangat penting bagi ibu dan janin. Bagaimana agar kunjungan itu efektif? Berikut panduan yang diberikan oleh dr. Liem Boe Chie, dokter kebidanan dan kandungan dari Kandang Kerbau Hospital di Singapura:

* Siapkan 3-4 pertanyaan dari rumah tentang keluhan dan hal-hal penting yang ingin Anda ketahui.
* Selama pemeriksaan, jangan bertanya dulu karena dokter perlu konsentrasi. Bisa-bisa, pertanyaan Anda hanya dijawab "Ya" dan "Tidak". Setelah pemeriksaan selesai, bertanyalah.
* Jika dokter kelihatan terburu-buru, tunggu barang lima detik, lalu dengan nada sopan dan manis, tanyakan, "Sebelum saya pergi, dokter bisa menjelaskan...." Dengan demikian, ia akan kembali menjelaskan pertanyaan yang belum sempat terjawab.
* Jika dokter kelihatan ragu atau tak tahu apa yang Anda tanyakan, minta agar ia menjawabnya pada kunjungan Anda mendatang. Sehingga, dokter punya kesempatan mencari jawaban atas keluhan Anda.
* Jika dalam setiap kunjungan dokter Anda selalu kelihatan terburu-buru dan malas-malasan menjawab pertanyaan, segera cari dokter lain.

Penulis : Santi Hartono

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com