Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Online Pertama Rayakan Pesta Perak

Kompas.com - 29/05/2008, 16:08 WIB

Siapa bilang kencan online tak ada yang berakhir serius? Chris Dunn dan Pam Jensen, pasangan pertama yang berkenalan secara online, baru saja merayakan pesta perak perkawinannya.

Secara teknik, mereka berkenalan jauh sebelum situs-situs kencan populer seperti sekarang. Chris dan Pam adalah pengguna pertama CompuServe CB Simulator, sebuah bentuk awal dari fasilitas chatting yang kita kenal seperti sekarang. Lewat program tersebut, mereka saling berkenalan secara online.

"Pada saat itu bagi banyak orang, terutama orangtua saya, komputer adalah benda asing, seperti halnya alien, jadi tak banyak orang mengerti bagaimana kami bisa berkomunikasi melalui komputer," kata Pam.

Chris bekerja sebagai technopile, sehingga tak asing dengan CB Simulator dan memasangnya di apartemennya di New York. Sementara Pam adalah seorang perawat binatang di kebun binatang Lincoln Park, AS. Pam mengenal CB Simulator dari temannya. Beberapa bulan bertemu di dunia maya, Chris dan Pam akhirnya berjanji untuk kopdar (kopi darat).  Setahun kemudian mereka menikah. 

Karena kedua sejoli ini bertemu secara 'tak lazim', pernikahan keduanya pun mendapat perhatian besar dan diliput berbagai media cetak dan elektronik pada saat itu. "Saya sangat memuja Pam, begitu pun ia terhadap saya. Ia memang wanita yang mudah dicintai, mungkin karena itulah kami masih bersama hingga 25 tahun," kata Chris.

Di zaman sekarang, berburu jodoh lewat situs kencan bukanlah hal baru lagi, bahkan kini sudah menjadi alternatif lain mencari pasangan. Menurut data cyclopedia of new media, situs Match.com yang berdiri sejak tahun 1995 memiliki member baru 60.000 orang setiap harinya. Kini, jumlah anggotanya membengkak jadi 15 juta aktif anggota yang berasal dari 246 negara. Dari seluruh total member, ada 1 juta di antaranya yang memiliki keanggotaan membayar.

Situs kencan yang tak kalah populer adalah onlinedatingmagzine.com, ada 20 juta orang yang masuk ke situs ini setiap bulannya. Lebih dari 120.000 pernikahan setiap tahunnya diperkirakan berasal dari pertemuan online.  Bagaimana, apakah Anda berminat untuk mencari pasangan secara online?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com