Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehat Camilan, Tunda Penuaan

Kompas.com - 16/06/2008, 11:39 WIB

Ngemil memang sering dikaitkan dengan kebiasaan kurang sehat. Tapi itu tergantung jenis camilannya. Menurut Dr.Maoshing Ni, penulis buku Secret of Self Healing, makanan berikut juga bisa dijadikan camilan. Bukan hanya menyehatkan, melainkan juga bisa menunda penuaan.  

1. Kacang-kacangan
Kacang almond, mede, kedelai, serta biji bunga matahari dan teman-temannya punya banyak manfaat, lho. Antara lain, meningkatkan sirkulasi dan kekuatan otot. Kandungan asam amino yang dimiliki kacang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, impotensi, infertil, serta hipertensi. Kacang-kacangan juga sumber vitamin E dan omega 3 yang sangat diperlukan untuk elastisitas kulit.

2. Apel
Banyak alasan mengapa kita perlu mengonsumsi satu, dua atau bahkan tiga apel setiap harinya. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lima apel atau lebih dalam seminggu memiliki fungsi hati yang lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak sama sekali.

3. Keluarga Berries
Blueberry, blackberry, strawberi, raspberry, cherry, dan masih banyak lagi, adalah buah-buahan yang kaya akan antioksidan, senyawa yang terbukti mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, buah-buahan dalam jenis ini juga dikenal mampu mencegah kepikunan, kanker, dan menurunkan kadar kolesterol.

4. Alpukat
Di antara berbagai senyawa antioksidan, glutathione adalah "rajanya" antioksidan. Senyawa ini secara alami terdapat dalam alpukat, ikan, walnut, dan asparagus.

Bila tubuh kita kekurangan glutathione, kita akan rentan terkena masalah kesehatan, di antaranya berkurangnya sel sperma, serta penuaan dini. Selain antioksidan, alpukat juga sumber L-cysteine yang akan melindungi tubuh kita dari dampak polusi, radiasi, alkohol, serta asap rokok. Senyawa ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambut dan kuku.

5. Mangga
Buah musiman ini sarat akan beta-karoten,seperti halnya aprikot, wortel, dan bayam. Buah-buahan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com