Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cita Tenun Akan Diresmikan Ibu Negara

Kompas.com - 28/08/2008, 07:59 WIB

JAKARTA, KAMIS — Cita Tenun Indonesia akan diresmikan Ibu Ani Bambang Yudhoyono pagi ini, Kamis (28/8) pukul 10.00 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta. Beberapa perempuan pemerhati budaya direncanakan akan hadir dalam acara peresmian yang bertajuk "Pesona Kharisma Tenun Indonesia" ini. Acara ini menyatukan komitmen untuk melestarikan, mengembangkan, dan memasarkan kerajinan tenun di Indonesia.

Sejumlah kreasi busana tenun karya desainer Indonesia juga akan diperagakan dalam acara peluncuran CTI. Tercatat tujuh nama besar di bidang fashion design yang akan memamerkan karya mereka.

Oscar Lawalata akan membawakan kreasi dan inovasinya terhadap tenun Sulawesi Selatan, Rusly Tjohnardi dengan tenun Kalimantan Barat, Priyo Oktaviano dengan tenun Bali, Denny Wirawan dengan tenun dari Sulawesi Utara, Chossy Latu dengan tenun Palembang, dan Sebastian Gunawan dengan tenun dari Bangka Belitung.

Menurut Ketua Umum CTI Okke Hatta Rajasa, CTI merupakan perkumpulan para pemerhati fashion dan budaya yang berkomitmen untuk melakukan program pembinaan terhadap para perajin tenun di seluruh Indonesia.

Okke dan rekan-rekannya cenderung khawatir mengamati perkembangan tenun asli Indonesia belakangan ini. "Tenun itu salah satu peninggalan budaya yang memiliki nilai sejarah yang tinggi sekali dan hampir di beberapa daerah itu tidak ada pembuatnya. Tenunnya ada, tapi pembuatnya tidak ada," ujar Okke di Jakarta, Rabu (27/8) kemarin.

Selain itu, sering kali perajin di daerah kurang melakukan inovasi, seperti pemakaian benang dan kombinasi warna. Okke berharap, melalui transfer pengetahuan dari sejumlah ahli tenun dan desainer ternama yang mereka rangkul serta konsep pengembangan yang terarah, tenun Indonesia dapat diterima dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dan mampu bersaing di dunia internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com