Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelni Akan Terima Kapal Gunung Dempo dari Jerman

Kompas.com - 25/09/2008, 19:40 WIB

JAKARTA, KAMIS - PT Pelni (persero) akan menerima sebuah kapal penumpang baru "Gunung Dempo", yang dibangun di galangan kapal Jerman, Meyer Werft besok Jumat (26/9). Menurut siaran pers Kedubes Jerman yang diterima ANTARA, Kamis menyebutkan, kapal tersebut secara resmi telah diserahkan kepada Indonesia pada Juni 2008.

Kapal tersebut akan diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada PT Pelni sebagai salah satu bagian dari acara kunjungannya ke Makassar. Gunung Dempo merupakan kapal ke-24 yang diserahkan dalam rangka kerjasama ekonomi Jerman-Indonesia untuk meningkatkan pembangunan Indonesia dengan membuat pulau-pulau terpencil dapat dijangkau oleh penumpang dan barang.

Kapasitas kapal yang akan melayani jalur Batam - Jakarta - Surabaya - Makasar - Ambon - Sorong - Manokwari sampai ke Jayapura, akan mencapai 1.500 penumpang dan 100 kontainer dengan fasilitas pendingin untuk memudahkan transportasi produk-produk segar seperti ikan, udang maupun buah-buahan. Kapal tersebut memang ditujukan untuk membantu akses pasar yang lebih baik bagi para produsen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com