Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Dehidrasi dan Pingsan dalam Perjalanan

Kompas.com - 04/10/2008, 13:04 WIB

BOGOR, SABTU- Panasnya cuaca di sejumlah jalur antarkota di Pulau Jawa dalam masa arus balik Lebaran ini membuat pemudik yang akan kembali ke daerah asalnya mudah mengalami dehidrasi. Jika tak ditangani segera, dehidrasi dapat menyebabkan seseorang pingsan seketika.

Untuk itu, jika Anda berencana kembali ke daerah asal, sebelum perjalanan Anda harus menyiapkan air minum yang cukup untuk menyegarkan tubuh selama perjalanan. Jangan sempat kehabisan air minum dan jangan mengandalkan tukang jualan yang tidak pasti sepanjang perjalanan.

Namun, bagaimana jika salah satu anggota keluarga atau kerabat Anda pingsan seketika dalam perjalanan balik? Ada beberapa hal yang perlu Anda simak.

Berdasarkan tips pertolongan pertama PMI di Pos Pengamanan Lebaran Simpang Ciawi, umumnya orang pingsan mengalami pusing-pusing, mual dan perasaan limbung, pandangan berkunang-kunang dan telinga berdenging, merasa cemas, keringat dingin bercucuran dan denyut nadi melambat.

Jika gejala ini terjadi, upayakan berhenti sejenak dan mencari pos kesehatan terdekat yang biasanya dibangun bersama pos pengamanan polisi dalam arus balik Lebaran ini. Jika tidak ada, Anda bisa memberikan pertolongan pertama dalam beberapa langkah.

Pertama, baringkan penderita (tanpa bantal) dengan tungkai ditinggikan. Kemudian longgarkan pakaian dan beri ruang yang cukup agar penderita dapat menghirup udara segar.

Periksalah apakah ada kemungkinan cedera lainnya. Setelah itu, selimuti tubuh penderita supaya hangat. Bila penderrita telah pulih, usahakan penderita beristirahat beberapa menit. Namun, bila penderita tidak juga kunjung pulih, segera bawalah penderita ke Puskesmas atau ke rumah sakit terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com