Hari Ini Presiden Buka Indonesia-Japan Expo

Kompas.com - 01/11/2008, 08:44 WIB
Editor

JAKARTA, SABTU - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka Indonesia-Japan Expo 2008 di JIExpo Kemayoran Jakarta hari ini, Sabtu (1/11). Rangkaian pameran hingga tanggal 9 November ini diselenggarakan untuk merayakan 50 tahun hubungan persahabatan pemerintahan Indonesia dan Jepang. Selain Presiden SBY, akan hadir pula Former Prime Minister Jepang Yasuo Fukuda serta Dubes Jepang untuk Indonesia.

Humas Kompas Gramedia, Nugroho F. Yudho mengatakan orang-orang penting kedua negara ini akan hadir untuk mengukuhkan kembali persahabatan Indonesia dan Jepang ke depannya. "Ke depan kita harapkan bisa menata, memperbaiki dan meningkatkan hubungan Indonesia dan Jepang terutama di bidang ekonomi," ujar Nugroho sebelum acara pembukaan dimulai.

Terdapat dua acara besar dalam perayaan 50 tahun ini yaitu expo dan juga simposium. Untuk expo selama sembilan hari ini merupakan inisiatif surat kabar nasional Indonesia, Kompas dan surat kabar nasional Jepang, Nikkei. Panitia mengundang segenap kalangan industri dari kedua negara dan dari berbagai kelas. Mulai dari onderdil hingga mesin berat, mulai dari tempe hingga batik.

Tercatat sekitar 109 sektor usaha akan bergabung dalam acara ini. "Itu menu utama sebagian besar acara ini. Tapi juga ada acara budaya dan kesenian," tandas Nugroho.

Tentu saja kedua kesenian negara ini akan ditampilkan, seperti Taiko, semacam bedug dari Jepang dan Harajuku. Sedangkan dari Indonesia, keunikan mainan tradisional seperti enggrang dan engklek akan menjadi salah satu yang memeriahkan. Indonesia dan Jepang juga akan berkolaborasi dalam Urban Art menampilkan keindahan grafiti di truk kontainer.

Nugroho menambahkan uniknya perayaan 50 tahun hubungan diplomatik ini sebenarnya berawal dari prakarsa antar komunitas budaya untuk merayakannya. "Akhirnya pemerintah ikut mendorong dan diserahkan ke business to business, dalam hal ini bisnis media," tutur Nugroho.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.