Presiden SBY Bertemu Yasuo Fukuda

Kompas.com - 01/11/2008, 09:18 WIB
Editor

JAKARTA, SABTU -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan dengan mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda di Jakarta International Expo, Sabtu (1/11) pagi. Pertemuan antara Presiden Yudhoyono dengan Fukuda yang dimulai pukul 08.30 wib hanya berlangsung selama sekitar 30 menit. Setelah melakukan pertemuan dengan Fukuda, Presiden Yudhoyono membuka secara resmi Indonesia-Japan Expo 2008 di Hall D Jakarta International Expo.

Indonesia-Japan Expo 2008 diselenggarakan 1-9 November 2008 guna  memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Pemerintah Indonesia dan Jepang memiliki sejarah hubungan diplomatik yang cukup bagus sekalipun tidak sedikit kisah sedih selama penjajahan Jepang di Indonesia pada periode 1940-an.

Hubungan baik di bidang politik itu juga mendorong terciptanya berbagai kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan antara kedua negara. Indonesia dan Jepang juga aktif dalam sejumlah organisasi internasional. Jepang juga merupakan salah satu mitra dialog ASEAN dimana Indonesia menjadi salah satu negara kunci.

Fukuda yang secara mendadak mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri pada September 2008 -- digantikan oleh Taro Aso -- tiba di Jakarta pada 31 Oktober 2008 dan dijadwalkan berada di Indonesia selama tiga hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.