Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Bertemu Yasuo Fukuda

Kompas.com - 01/11/2008, 09:18 WIB

JAKARTA, SABTU -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan dengan mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda di Jakarta International Expo, Sabtu (1/11) pagi. Pertemuan antara Presiden Yudhoyono dengan Fukuda yang dimulai pukul 08.30 wib hanya berlangsung selama sekitar 30 menit. Setelah melakukan pertemuan dengan Fukuda, Presiden Yudhoyono membuka secara resmi Indonesia-Japan Expo 2008 di Hall D Jakarta International Expo.

Indonesia-Japan Expo 2008 diselenggarakan 1-9 November 2008 guna  memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Pemerintah Indonesia dan Jepang memiliki sejarah hubungan diplomatik yang cukup bagus sekalipun tidak sedikit kisah sedih selama penjajahan Jepang di Indonesia pada periode 1940-an.

Hubungan baik di bidang politik itu juga mendorong terciptanya berbagai kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan antara kedua negara. Indonesia dan Jepang juga aktif dalam sejumlah organisasi internasional. Jepang juga merupakan salah satu mitra dialog ASEAN dimana Indonesia menjadi salah satu negara kunci.

Fukuda yang secara mendadak mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri pada September 2008 -- digantikan oleh Taro Aso -- tiba di Jakarta pada 31 Oktober 2008 dan dijadwalkan berada di Indonesia selama tiga hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com