Jakob Oetama: Indonesia-Jepang Saling Menguntungkan

Kompas.com - 01/11/2008, 10:19 WIB
Editor

JAKARTA, SABTU — Pemimpin Umum Kompas Jakob Oetama melontarkan rasa bangganya kepada 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang yang jatuh pada tahun ini. Dalam perjalanan yang cukup panjang ini, Jakob melihat kedua negara saling memberikan manfaat dalam hubungan kedua negara.

Jepang sendiri, menurut Jakob, memberi manfaat yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi dan industri Indonesia. Jepang seperti semangat bagi Indonesia untuk keluar dari zona nyamannya karena kekayaan sumber daya alamnya untuk maju dengan kekayaan tersebut. "Hubungan dengan Jepang memberi manfaat. Masuk akal hingga saat ini akhirnya Indonesia memiliki hasrat besar tidak sekadar mengekspor bahan mentah, tetapi juga membangun industri di negara sendiri dan di sini Jepang ikhlas memberi partisipasinya," ujar Jakob, Sabtu (1/11) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dibukanya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang pada tahun 1958, menurut Jakob, sangat membuka ruangan bagi kemajuan industri di Indonesia. Sejarah membuktikan, hubungan Indonesia dan Jepang sudah berlangsung sangat lama. Ketika Restorasi Meiji terjadi, pemimpin pergerakan Indonesia sudah mengikuti perkembangannya. Kemudian berlanjut ketika Jepang tumbuh menjadi negara yang sangat maju dalam bidang industri, budaya, dan seni. "Namun, Jepang tak hanya tumbuh budaya dalam seni tapi juga dalam sikap, dan nilai. Ini yang patut kita contoh," ujar Jakob.

Dalam akhir sambutannya, Jakob Oetama mengharapkan, kerja sama Indonesia dan Jepang terus diperluas dalam segala bidang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.