Kalla-Fukuda Tegaskan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Jepang

Kompas.com - 02/11/2008, 19:28 WIB
Editor

JAKARTA, MINGGU - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla menegaskan pentingnya penguatan kemampuan ekonomi Indonesia dan Jepang. Apabila kedua negara tersebut dapat saling menjaga kemampuan ekonominya, maka efek krisis keuangan seperti terjadi saat ini akan dapat ditekan bagi masing-masing negara.

Demikian disampaikan Wapres Kalla, dalam keterangan pers, seusai bertemu hampir satu jam lamanya dengan mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda di kediaman dinas Wapres di Jalan Diponegoro, Jakarta, Minggu (2/11) sore. Dalam pertemuan tersebut, Wapres Kalla hanya didampingi Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang, yang juga Komisaris Indosat, Rachmat Gobel. Adapun Fukuda didampingi Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri.

"Kami berdua membicarakan hubungan Indonesia dan Jepang yang sangat baik sekarang ini. Akan tetapi, lebih penting lagi bagaimana menjaga hubungan kedua negara pada saat sekarang ini. Kalau kedua negara masing-masing dapat menjaga kemampuan ekonominya, maka efek krisis keuangan global sekarang ini itu akan kecil bagi masing-masing negara," ungkap Wapres Kalla. Menurut Wapres Kalla penguatan kemampuan ekonomi kedua negara dapat diwujudkan dalam kerjasama di bidang otomotif, teknologi, dan pertanian.

Sementara, Fukada menyatakan pihaknya bersama Wapres Kalla saling tukar menukar pandangan mengenai bagaimana upaya masing-masing negara mengatasi krisis keuangan global sekarang ini. Langkah Indonesia mengatasi krisis ekonomi dan politik sekarang ini dinilai sudah berjalan pada rel yang benar.

"Saya juga menyampaikan perkiraan mengenai stabilisasi kondisi politik dan ekonomi Indonesia di masa sekarang dan tahun mendatang. Menurut saya, kondisi politik dan ekonomi Indonesia sekarang ini cukup stabil," tambah Fukuda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.