Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalla-Fukuda Tegaskan Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Jepang

Kompas.com - 02/11/2008, 19:28 WIB

JAKARTA, MINGGU - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla menegaskan pentingnya penguatan kemampuan ekonomi Indonesia dan Jepang. Apabila kedua negara tersebut dapat saling menjaga kemampuan ekonominya, maka efek krisis keuangan seperti terjadi saat ini akan dapat ditekan bagi masing-masing negara.

Demikian disampaikan Wapres Kalla, dalam keterangan pers, seusai bertemu hampir satu jam lamanya dengan mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda di kediaman dinas Wapres di Jalan Diponegoro, Jakarta, Minggu (2/11) sore. Dalam pertemuan tersebut, Wapres Kalla hanya didampingi Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang, yang juga Komisaris Indosat, Rachmat Gobel. Adapun Fukuda didampingi Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri.

"Kami berdua membicarakan hubungan Indonesia dan Jepang yang sangat baik sekarang ini. Akan tetapi, lebih penting lagi bagaimana menjaga hubungan kedua negara pada saat sekarang ini. Kalau kedua negara masing-masing dapat menjaga kemampuan ekonominya, maka efek krisis keuangan global sekarang ini itu akan kecil bagi masing-masing negara," ungkap Wapres Kalla. Menurut Wapres Kalla penguatan kemampuan ekonomi kedua negara dapat diwujudkan dalam kerjasama di bidang otomotif, teknologi, dan pertanian.

Sementara, Fukada menyatakan pihaknya bersama Wapres Kalla saling tukar menukar pandangan mengenai bagaimana upaya masing-masing negara mengatasi krisis keuangan global sekarang ini. Langkah Indonesia mengatasi krisis ekonomi dan politik sekarang ini dinilai sudah berjalan pada rel yang benar.

"Saya juga menyampaikan perkiraan mengenai stabilisasi kondisi politik dan ekonomi Indonesia di masa sekarang dan tahun mendatang. Menurut saya, kondisi politik dan ekonomi Indonesia sekarang ini cukup stabil," tambah Fukuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com