Indonesia Negara Penting untuk Jepang

Kompas.com - 03/11/2008, 11:38 WIB
Editor

JAKARTA,SENIN - Bagi Jepang, Indonesia merupakan negara sahabat yang sangat penting selama ini. Hubungan Jepang dan Indonesia memang mengalami pasang surut dalam tiga fase sejak dibuka secara resmi pada tahun 1958, namun kerusakan hubungan tak pernah terjadi karena keduanya terus berjuang untuk meningkatkan pengertian dengan pertukaran dari hati ke hati.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Parlemen Jepang Nobuhide Minorikawa dalam seminar memperingati 50 tahun hubungan Jepang-Indonesia sebagai bagian dari Indonesia-Japan Expo (IJE) 2008 di JIExpo Kemayoran, Senin (3/11).

Oleh karena itu, Minorikawa mengatakan Jepang tidak pernah ragu mendalami hubungan bilateral dengan Indonesia, termasuk ditandatanganinya Economic Partnership Agreement (EPA) Jepang pada bulan Juli lalu.

"Ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara seperti perdagangan dan investasi dan memberikan keuntungan bagi kedua negara," ujar Minorikawa.

Jepang juga sangat terkesan dengan pendapat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pertemuan Tingkat Tinggi G-8 di Hokkaido, Jepang, yang mendukung kesepakatan di antara negara-negra untuk mengurangi CO2 sebanyak 50 persen sebelum tahun 2050.

Diskusi itu sangat terbantu dengan hasil Konferensi di Bali yang diselenggarakan Indonesia tahun lalu. "Pemerintah Jepang mengucapkan terima kash atas kontribusi Indonesia terhadap perubahan iklim," tandas Minorikawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.