Pelajar Serbu IJE 2008

Kompas.com - 03/11/2008, 17:29 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - Para pelajar dari berbagai kalangan menyerbu Indonesia-Japan Expo 2008 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Senin (3/11). Sejak pagi hingga sore ini, ratusan pelajar dengan seragam sekolah masing-masing memenuhi arena pameran yang diselenggarakan dalam rangka peringatan emas hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang.

Pasalnya, bersamaan dengan hari pelajar atau Student Day yang jatuh pada hari ini, semua pelajar dibebaskan dari pembelian tiket. "Kehadiran pelajar dan mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan apresiasi terhadap produk Indonesia dan Jepang," ujat Direktur Dyandra Promosindo sebagai pihak penyelenggara, Ernst K Remboen, di Jakarta, Senin (3/11).

Panitia menyediakan bus khusus untuk para pelajar dari berbagai institusi pendidikan yang ingin berkunjung ke pameran hari ini, meski tidak tertutup kemungkinan pelajar dari manapun dapat masuk ke area pameran secara gratis asal menunjukkan kartu identitas mereka atau hanya dengan mengenakan seragam dan jaket almamater mereka.

Kesempatan khusus ini juga diantisipasi dengan pelayanan stand-stand yang menyediakan informasi mengenai beasiswa dan tawaran studi di Jepang. Sejumlah lembaga bantuan beasiswa maupun penyedia kursus Bahasa Jepang tampak diserbu para pelajar, seperti Japan Student Services Organization (JASSO) dan Meitoku Gijuku.

Sekitar 300 siswa menghampiri stand JASSO untuk mencari informasi mengenai beasiswa ke Jepang. Menurut penjaga stand JASSO, sebagian besar yang berkunjung adalah para pelajar SMP.

Arya, seorang pelajar yang berkunjung ke stand JASSO menuturkan ketertarikannya untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang. Menurut Arya, Jepang unggul dalam hal teknologi. "Saya berharap nanti setelah lulus bisa sekolah di Jepang," ujar Arya.

Lantas, bidang apakah yang ingin Arya tekuni nantinya? "Teknologi penerbangan," tandas Arya. Selain berkunjung ke stand pendidikan, Arya dan rekan-rekan pelajar lainnya juga menyerbu 3D Shinkansen Area di Hall B JIExpo Kemayoran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.